English Indonesia

Di Desa Pematang Johar di Kabupaten Deli Serdang, Kelompok Masyarakat Dorong Perbaikan WASH

Di Desa Pematang Johar di Kabupaten Deli Serdang, Kelompok Masyarakat Dorong Perbaikan WASH

“Kami membayangkan semua orang di desa ini sehat,” ujar Ketua KPSPAMS (Kelompok Pengelola Sistem Penyediaan Air Minum dan Sanitasi) Tirta Johar Mandiri, Bambang Suryaatmaja, seraya menyampaikan alasan mengapa kelompoknya terpanggil untuk mengedukasi masyarakat agar menggunakan layanan air perpipaan dan membangun jamban dengan tangki septik di rumah.

KPSPAMS Tirta Johar Mandiri yang didirikan pada tahun 2018, awalnya bertanggung jawab mengelola dan memelihara SPAM komunal yang dibangun oleh PAMSIMAS di Desa Pematang Johar, di Kabupaten Deli Serdang. Tugas mereka termasuk mempromosikan manfaat layanan air perpipaan kepada masyarakat. “Pelatihan dan pendampingan dalam hal pemeliharaan dan pengelolaan SPAM komunal dari dinas perumahan dan permukiman kabupaten, USAID IUWASH PLUS, dan PAMSIMAS membantu kami dalam mengelola fasilitas dengan baik dan memotivasi masyarakat untuk beralih ke layanan air perpipaan,” ujar Bambang Suryaatmaja.

Menurut Bambang Suryatmaja, yang juga Kepala Desa Pematang Johar, sambungan rumah baru ke SPAM komunal dibangun setiap tahunnya. Dari 2018 hingga 2020, telah dibangun sebanyak 375 sambungan rumah, 15 diantaranya dibangun pada Oktober – November 2020. Dengan jumlah sambungan rumah terpasang ini, SPAM komunal hampir mencapai kapasitas maksimalnya untuk melayani 400 KK. Saat ini KPSPAMS masih menunggu pembangunan SPAM komunal baru dari dinas perumahan dan permukiman kabupaten. KPSPAMS Tirta Johar Mandiri memperkirakan akan ada tambahan enam SPAM komunal yang dibangun pada 2027.

Selain mengelola SPAM komunal, KPSPAMS Tirta Johar Mandiri juga mempromosikan layanan lumpur tinja kepada masyarakat. Pada tahun 2019, KPSPAMS Tirta Johar Mandiri, dengan dukungan pemerintah desa dan USAID IUWASH PLUS, memprakarsai arisan sedot tinja, dimana 94 KK berpartisipasi dengan membayar Rp10.000 per minggu. Hingga Desember 2020, sebanyak 74 KK telah menerima layanan lumpur tinja dan 20 sisanya diharapkan dapat memperolehnya akhir Januari 2021.

Disamping arisan sedot tinja, KPSPAMS Tirta Johar Mandiri juga menjalankan bisnis tangki septik sejak Agustus 2020. Untuk mendukung bisnis ini, USAID IUWASH PLUS melatih para master tukang yang akan membantu KPSPAMS membangun tangki septik, serta memberikan pelatihan kepada KPSPAMS untuk memasarkan produk sanitasinya. Hingga Desember 2020, KPSPAMS telah memiliki lima master tukang dan menjual empat unit tangki septik, dua di antaranya dibeli oleh PT Inti Plastisindo (produsen kantong plastik) yang berlokasi di desa tetangga Pematang Johar.

“Saya sangat menyukai air dari SPAM komunal karena bersih dan jernih. Selain itu, arisan sedot tinja juga membantu saya mengakses layanan lumpur tinja dengan lebih nyaman, ”ujar Sutedi, salah seorang penerima manfaat.

Available in enEnglish (English)

Mitra