English Indonesia
Jumat, 5 Februari 2021

Pemerintah Kota Magelang Luncurkan Layanan Penyedotan Secara Berkala

Pemerintah Kota Magelang Luncurkan Layanan Penyedotan Secara Berkala

Pada tanggal 29 Januari 2021, Pemerintah Kota Magelang dengan bantuan USAID IUWASH PLUS meluncurkan layanan penyedotan secara berkala yang diberi nama Senja Kota Magelang (Sedot Tinja Kota Magelang).

Dalam acara peluncuran tersebut Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman Kota Magelang, Ibu Handini Rahayu menginformasikan kepada para peserta bahwa Pemda Kota Magelang telah bekerjasama dengan USAID IUWASH PLUS sejak tahun 2019 untuk mempersiapkan penyelenggaraan layanan penyedotan secara berkala. Persiapan tersebut meliputi penerbitan Peraturan Walikota No 23/2020 tentang Layanan Penyedotan, pengembangan SOP layanan penyedotan dan instalasi pengolahan air limbah, dan pembuatan sistem manajemen database pelanggan, peningkatan kesadaran masyarakat tentang pentingnya tangki septik dan layanan penyedotan untuk masyarakat, dan sensus untuk mengidentifikasi calon pelanggan. Acara ini menandai kota Magelang sebagai wilayah ketiga dukungan USAID IUWASH PLUS di Jawa Tengah yang telah memiliki layanan penyedotan secara berkala.

Pada pertengahan tahun 2020 USAID IUWASH PLUS melalui FORKAMI melakukan sensus yang menemukan sekitar 1.400 rumah tangga berpotensi menerima layanan penyedotan secara berkala dari UPT PALD sebagai unit pelaksana teknis di bawah Dinas Perumahan dan Permukiman yang mengelola air limbah domestik.

Setelah peluncuran ini, Dinas Perumahan dan Permukiman akan menyiapkan jadwal layanan penyedotan berdasarkan data yang dihasilkan dari sensus calon pelanggan dan melibatkan kelompok masyarakat untuk mempromosikan layanan ini. UPT PALD berencana untuk mulai memberikan layanan penyedotan pada Februari 2021.

Menutup acara, Wakil Walikota Windarti Agustina menyoroti komitmen Pemerintah Daerah Kota Magelang dalam mensosialisasikan layanan penyedotan lumpur secara berkala kepada seluruh pemangku kepentingan dan mengalokasikan anggaran untuk keberlanjutan layanan.

Available in enEnglish (English)

Mitra