English Indonesia
Selasa, 12 Januari 2021

Serah Terima Pembangunan Septic Tank dari Program Pengabdian Masyarakat UI kepada Masyarakat Kelurahan Tebet Timur

Serah Terima Pembangunan Septic Tank dari Program Pengabdian Masyarakat UI kepada Masyarakat Kelurahan Tebet Timur

Pada tanggal 19 Desember 2020, Program Pengabdian Masyarakat Universitas Indonesia yang didukung oleh USAID IUWASH PLUS melakukan acara serah terima pembangunan septic tank untuk masyarakat di Kelurahan Tebet Timur .

Kegiatan dihadiri oleh Lurah Tebet Timur, Siti Fauziah Gozali; perwakilan dari Program Pengabdian Masyarakat UI, Murwendah, S.I.A., M.A., Dr. Inayati, M.Si., Dr. dr. Anna Rozaliyani, M Biomed., Sp.P. (K) dan dr. Bertin Tanggap Tirtana; perwakilan PT Rototama Berlianplast, dan Tim Sanitasi Total Berbasis Komunitas (STBM) Kelurahan Tebet Timur.

Program Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat UI dimulai pada 11 November hingga 11 Desember 2020, di mana USAID IUWASH PLUS berkolaborasi dengan Tim dari Universitas Indonesia dan PT Rototama Berlianplast untuk membangun 8 unit bio septic tank di RW 010 Kelurahan Tebet Timur, Jakarta Selatan.

Program ini didanai oleh UI dan PT Rototama Berlianplast untuk membangun 8 Unit bio septic tank dalam 2 tahap, tahap pertama 4 Unit bio septic tank dibangun pada bulan Desember 2020, dan tahap berikutnya 4 unit akan dibangun pada Januari 2021.

Dalam acara serah terima, Program Pengabdian masyarakat UI juga melakukan sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan sosialisasi pencegahan COVID-19 yang disampaikan oleh Dr. dr. Anna Rozaliyani, M Biomed., Sp.P. (K) dan dr. Bertin Tanggap Tirtana.

Acara ini merupakan bagian dari Program Pengabdian Masyarakat Universitas Indonesia yang dilakukan dengan memberikan bimbingan untuk memberdayakan usaha di sektor sanitasi dan mencegah COVID-19 untuk  masyarakat miskin.

Pembangunan 8 individual bio septic tank di daerah padat penduduk merupakan proyek percontohan Program Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat UI, untuk tumbuh dengan kolaborasi usaha dari para pemangku kepentingan untuk melaksanakan pembangunan septic tank, yaitu Universitas Indonesia, PT Rototama Berlianplast , pemerintah Kelurahan Tebet Timur dan USAID IUWASH P LUS .

USAID IUWASH PLUS bekerja sama dengan Universitas Indonesia dalam merancang konsep Program Pengabdian Masyarakat, memfasilitasi komunikasi antara pihak, seperti Tim STBM Kelurahan Tebet Timur dan produsen septic tank PT Rototama Berlianplast.

Kolaborasi ini juga memfasilitasi pemilihan lokasi untuk tangki septik sesuai dengan Rencana Kerja Masyarakat (RKM) dari RW 10 Kelurahan Tebet Timur dan melakukan monitoring pembangunan pekerjaan dari septic tank.

Menindaklanjuti kegiatan ini, berikutnya akan dibangun 4 unit tangki septik pada awal tahun 2021 seperti yang direncanakan. USAID IUWASH PLUS akan memberikan dukungan dalam pemutakhiran dan pendokumentasian RKM untuk RW 10 Kelurahan Tebet Timur , dan kelanjutan implementasi RKM umum RW 10 Kelurahan Tebet Timur .

Available in enEnglish (English)

Mitra