English Indonesia

Radio Deli Serdang Berseri Bantu Libatkan Warga dalam Pembangunan WASH

Radio Deli Serdang Berseri Bantu Libatkan Warga dalam Pembangunan WASH

Keterlibatan masyarakat dalam pengembangan sektor air minum, sanitasi dan higiene (WASH) adalah kunci untuk memastikan keberlanjutan program.

Pada Maret 2020, USAID IUWASH PLUS bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Deli Serdang dan kelompok masyarakat untuk membuat mekanisme yang memungkinkan warga dapat berpartisipasi dalam pengembangan WASH.

Salah satu mekanisme yang dibentuk adalah gelar wicara (talkshow) di Radio Deli Serdang Berseri, sebuah stasiun radio yang dikelola Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Deli Serdang.

Meski memiliki peran penting, kru Radio Deli Serdang Berseri masih ragu-ragu dengan acara gelar wicara tersebut.

“Kami khawatir tidak dapat membuat acara gelar wicara yang menarik, dan masyarakat jadi mudah bosan,” ujar Kepala Penyiaran Radio Deli Serdang Berseri, Arfandi.

Situasi berubah total ketika pembatasan sosial diterapkan untuk mencegah penyebaran COVID-19. Dinas kesehatan tidak memiliki banyak pilihan media untuk mempromosikan isu WASH kepada masyarakat agar tetap aman selama pandemi.

Oleh karena itu, dinas kesehatan, didukung USAID IUWASH PLUS, memilih untuk bekerja sama dengan Radio Deli Serdang Berseri untuk menyelenggarakan gelar wicara mengenai program sanitasi total berbasis masyarakat.

Pada awal Juni 2020, Radio Deli Serdang Berseri menyiarkan gelar wicara tentang WASH untuk pertama kalinya.

“Kami terkejut, ternyata acara gelar wicara kami mendapat sambutan hangat dari pemirsa. Capaian ini telah meningkatkan rasa percaya diri kami dan membuktikan bahwa kami memiliki kemampuan dan potensi untuk menyelenggarakan gelar wicara radio yang menarik, ” ujar staf kebersihan Dinas Kesehatan Kabupaten Deli Serdang, Daniel Sembiring.

Keberhasilan ini juga memotivasi Radio Deli Serdang Berseri untuk mengadakan gelar wicara rutin tentang kesehatan pada setiap hari Selasa dan WASH pada hari Senin setiap dua minggu sekali.

Karena gelar wicara radio tersebut mendapat sambutan hangat dari masyarakat, PDAM Tirta Deli pun memanfaatkan program tersebut untuk mempromosikan layanan air perpipaan kepada warga.

Atas permintaan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Deli Serdang, Radio Deli Serdang Berseri juga meliput isu-isu WASH lainnya yang diusung oleh USAID IUWASH PLUS dalam acara gelar wicara.
Isu-isu tersebut antara lain kredit mikro WASH, peluang usaha sanitasi, dan pelatihan pembuatan tangki septik bagi tukang.

“Gelar wicara radio merupakan kesempatan baik untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang air minum dan sanitasi aman serta mendorong masyarakat untuk memantau kemajuan pengembangan WASH di Deli Serdang,” kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Deli Serdang, Haris Binar Ginting.

Available in enEnglish (English)

Mitra