English Indonesia
Rabu, 28 Oktober 2020

Advokasi Pembiayaan Program Sanitasi di Desa Pakis Kembar

Advokasi Pembiayaan Program Sanitasi di Desa Pakis Kembar

Pada 20 Oktober 2020, USAID IUWASH PLUS membantu kelompok masyarakat di RW 06 Desa Pakis Kembar di Kabupaten Malang untuk melakukan advokasi kepada pemerintah desa dan kabupaten untuk membiayai program sanitasi tahun 2021.

Kegiatan advokasi ini dilakukan untuk melaksanakan rencana kerja masyarakat (RKM) yang dibuat sebagai bagian dari proses monitoring dan evaluasi partisipatif.

Dalam pertemuan ini, kelompok masyarakat, yang beranggotakan perwakilan warga, ini menyerakan proposal pembangunan 10 hingga 20 toilet dengan tangki septik kepada pemerintah desa dan kabupaten. Upaya pembangunan sarana sanitasi ini diperlukan untuk meningkatkan akses sanitasi warga.

Berdasar hasil monitoring dan evaluasi partisipatif yang dilakukan kelompok masyarakat pertengahan 2020, masih banyak rumah tangga di RW 6 Desa Pakis Kembar yang belum mempunyai tangki septik di rumah.
Menanggapi usulan kelompok masyarakat ini, pemerintah desa dan pemerintah kabupaten berjanji akan membahas pembangunan toilet dengan tangki septik dalam musrenbang desa dan kabupaten.

Available in enEnglish (English)

Mitra