English Indonesia

BUMDes Wiraraja Tingkatkan Akses Masyarakat ke Toilet dengan Tangki Septik

BUMDes Wiraraja Tingkatkan Akses Masyarakat ke Toilet dengan Tangki Septik

Meskipun masih terbilang baru, BUMDes Wiraraja — sebuah badan usaha milik desa di Desa Wonorejo, Kabupaten Lumajang — berhasil menunjukkan kiprahnya dalam pemasaran sanitasi dengan menjual toilet dengan tangki septik secara kredit kepada masyarakat di desa Wonorejo dan sekitarnya.

Menurut Direktur BUMDes Wiraraja, Ibu Desse Aria Dewi, ide untuk menjual toilet dengan tangki septik muncul saat BUMDes mengikuti pelatihan dan promosi pembangunan toilet sehat yang dilselenggarakan USAID IUWASH PLUS pada April 2019. BUMDes Wiraraja adalah satu di antara dua badan usaha milik desa yang direkomendasikan Dinas Pemberdayaan Desa Kabupaten Lumajang untuk mendapatkan bantuan teknis dari USAID IUWASH PLUS dalam pemasaran sanitasi. Melalui pelatihan tersebut, BUMDes belajar tentang sanitasi aman, peluang usaha sanitasi, kredit sebagai opsi pembayaran produk sanitasi, dan pembangunan toilet aman yang layak. USAID IUWASH PLUS juga menyiapkan materi-materi promosi yang bisa digunakan BUMDes.

Dengan bekal pengetahuan tersebut, BUMDes Wiraraja mulai memasarkan toilet aman pada April 2019. Untuk menarik lebih banyak masyarakat agar membeli produk dan jasanya, BUMDes Wiraja menjual toilet dengan tangki septik secara kredit kepada pelanggannya. Sejak itu, BUMDes Wiraraja menjual toilet aman dan jasa konstruksinya dengan harga Rp1,5 juta hingga Rp 2,5 juta. Pelanggan dapat membayarnya dengan mencicil selama 10 bulan tanpa uang muka. Untuk menarik lebih banyak pelanggan, BUMDes Wiraraja juga memanfaatkan media sosial sebagai media promosi.

Direktur BUMDes Wiraraja mengatakan bahwa penjualan toilet dengan tangki septik secara kredit ini sejalan dengan salah satu tujuan BUMDes tersebut yaitu menyediakan fasilitas kepada masyarakat dengan harga terjangkau dan proses yang mudah. “Menjual toilet secara kredit merupakan pilihan yang baik karena banyak keluarga di sini yang belum memiliki fasilitas tersebut dan tidak mampu secara finansial jika harus membuatnya sekali bayar, ”ujar Direktur yang juga telah menjadi kader masyarakat selama tujuh tahun terakhir ini.

Untuk mengoptimalkan bisnis BUMDes, USAID IUWASH PLUS mendorong badan usaha tersebut untuk melibatkan kader masyarakat dalam menjual toilet dengan tangki septik. USAID IUWASH PLUS juga melatih BUMDes dan kader dalam hal teknik pemasaran, promosi perubahan perilaku, dan pengembangan usaha pada Februari 2020. Dengan pengetahuan yang lebih baik tentang strategi pemasaran dan pendampingan dari para kader sebagai tenaga penjual, BUMDes Wiraraja telah berhasil membangun 12 toilet dengan tangki septik hingga Juni 2020.

“Kredit toilet aman dari BUMDes Wiraraja sangat membantu karena saya bisa mencicilnya, ”ujar Ibu Saufa salah satu nasabah BUMDes Wiraraja. Dengan pencapaian tersebut, BUMDes Wiraraja saat ini mewakili kabupaten Lumajang dalam Kompetisi BUMDes 2020 yang diselenggarakan Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Available in enEnglish (English)

Mitra