English Indonesia

Pelatihan Virtual Membantu Para Tukang Membangun Tangki Septik yang Tepat

Pelatihan Virtual Membantu Para Tukang Membangun Tangki Septik yang Tepat

“Saya biasanya mengikuti apa yang dilakukan tukang lain saat membangun tangki septik. Dulu, saya tidak mengetahui jika membangun tangki septik ada aturannya agar berfungsi baik,” cerita Safarudin, salah satu tukang di Kabupaten Deli Serdang.

Sayangnya, Safarudin tidak sendiri. Hasil pengamatan USAID IUWASH PLUS menemukan sebagian tukang di kelurahan mitra program ini di Sumatra Utara belum mempunyai pengetahuan memadai tentang cara membangun tangki septik yang sesuai Standar Nasional Indonesia (SNI).

Selain itu, beberapa kelurahan dampingan USAID IUWASH PLUS juga berada di wilayah dengan permukaan air yang tinggi, sementara sebagian lainnya terletak di wilayah dengan permukaan air yang rendah. Oleh sebab itu daerah tersebut membutuhkan jenis tangki septik yang berbeda.

Untuk meningkatkan keterampilan para tukang, USAID IUWASH PLUS memberikan pelatihan bagi para tukang, tenaga penjual sanitasi, dan dinas kesehatan mengenai cara membuat tangki septik antara April dan Juni 2020. Karena pandemi COVID-19, pelatihan ini dilakukan secara daring di masing-masing kabupaten/kota.

Pelatihan ini mengajari para tukang cara membuat tangki septik berbentuk kotak dari beton bertulang. Tangki septik ini cocok untuk daerah permukaan air rendah. Selain itu, para tukang belajar cara memasang tangki septik dengan sistem up flow filter fabrikasi yang terbuat dari kayu lapis dan dilapisi serat kaca (fiber glass) untuk permukaan air yang tinggi.

Tanpa membuang waktu, beberapa tukang dari Tebing Tinggi dan Deli Serdang langsung menerapkan pengetahuan dan arahan dari USAID IUWASH PLUS untuk membangun tangki septik. Per awal Juli 2020, sudah terbangun tiga tangki septik dengan sistem up flow filter di kota Tebing Tinggi dan lima lagi di kabupaten Deli Serdang.

“Berkat pelatihan dan bimbingan dari USAID IUWASH PLUS, saya sekarang bisa membangun tangki septik sesuai SNI,” ujar Safarudin.

Staf Dinas Kesehatan Kabupaten Deli Serdang, Ibu Malemta Tarigan berharap agar pelatihan-pelatihan semacam ini rutin dilakukan untuk membekali lebih banyak lagi para tukang dengan keterampilan dalam membangun tangki septik SNI.

Available in enEnglish (English)

Mitra