English Indonesia

Dengan Rencana Bisnis, PDAM Tirta Aji Targetkan Perluasan Cakupan Layanannya

Dengan Rencana Bisnis, PDAM Tirta Aji Targetkan Perluasan Cakupan Layanannya

PDAM Tirta Aji di Kabupaten Wonosobo mempunyai target yang cukup besar untuk dicapai pada 2025. Rencana Induk Sistem Penyediaan Air Minum (RISPAM) Kabupaten Wonosobo menargetkan PDAM untuk menyediakan air minum perpipaan bagi 100 persen penduduk di wilayah pelayanan teknisnya atau sekitar 560 ribu jiwa pada 2025.

Sementara, cakupan pelayanan PDAM Tirta Aji saat ini masih 67,9 persen dari total penduduk di wilayah pelayanan teknisnya.

Untuk mencapai target ini, PDAM Tirta Aji memerlukan rencana bisnis yang strategis, menyeluruh, dan efektif. Terlebih, rencana bisnis PDAM sebelumnya telah berakhir pada 2019.

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, PDAM Tirta Aji dengan bantuan USAID IUWASH PLUS menyusun rencana bisnis periode 2020-2024 sejak Juli 2019 hingga Februari 2020. Selama delapan bulan ini, USAID IUWASH PLUS juga meningkatkan kapasitas PDAM sehingga mereka mampu membuat rencana bisnis sendiri ke depan.

Berdasar Rencana Bisnis 2020-2024, PDAM Tirta Aji menargetkan untuk mempeluas layanannya hingga 82,4 persen dari total penduduk di wilayah pelayanan teknisnya atau setara dengan 463 ribu jiwa (115.785  sambungan rumah). Perhitungan persentase ini dilakukan dengan perkiraan jumlah penduduk di wilayah teknis PDAM Tirta Aji pada 2024 mencapai sekitar 562 ribu jiwa.

Seiring dengan perluasan layanan, PDAM juga berencana menambah kapasitas air sebesar 214 liter per detik selama 2020-2024.

Dengan peningkatan tersebut, PDAM berharap dapat meningkatkan kapasitas airnya menjadi 945,46 liter per detik pada 2024 dari 731,46 liter per detik pada 2019.

PDAM Tirta Aji memperkirakan perusahaan membutuhkan dana sebesar Rp132,8 miliar untuk membiayai semua prakarsa ini. Anggaran tersebut berasal dari dana internal PDAM, pemerintah kabupaten dan pemerintah pusat.

Dengan kata lain, dukungan dari seluruh pemangku kepentingan sangat penting untuk membantu PDAM melaksanakan rencana bisnisnya.

Oleh karena itu, PDAM Tirta Aji, dengan bantuan USAID IUWASH PLUS, menyelenggarakan lokakarya rencana bisnis pada tanggal 28 Februari 2020, di mana Bupati Wonosobo, Eko Purnomo menyatakan komitmennya untuk mendukung PDAM dalam melaksanakan rencana bisnisnya. Pernyataan tersebut disampaikan melalui Sekretaris Daerah Kabupaten Wonosobo, One Andang Wardoyo.

Tanpa menyia-nyiakan kesempatan, PDAM Tirta Aji, Dewan Pengawas PDAM, dan Bagian Ekonomi Sekda Kabupaten Wonosobo, hingga akhir Mei 2020, terus mengadvokasi Bupati agar segera menandatangani rencana bisnis tersebut.

Proses panjang ini terbayar sudah dengan ditandatanganinya Rencana Bisnis PDAM Tirta Aji 2020-2024 oleh bupati pada awal Juni 2020.

Direktur Utama PDAM Tirta Aji, Bapak Muchammad Sjahid, berharap, “Rencana bisnis yang ditandatangani oleh bupati menjadi dasar hukum bagi PDAM untuk melaksanakan program tahunan kami, sehingga target lima tahun yang telah ditetapkan dapat tercapai.”

Available in enEnglish (English)

Mitra