English Indonesia
Kamis, 3 September 2020

Pemkot Salatiga dan BNI Salatiga Bekerja Sama Membangun Sumur Resapan

Pemkot Salatiga dan BNI Salatiga Bekerja Sama Membangun Sumur Resapan

Pemerintah Kota Salatiga bekerja sama dengan BNI Salatiga membangun sepuluh sumur resapan di Desa Kumpulrejo, Kecamatan Argomulyo, Kota Salatiga.

Untuk melaksanakan kerja sama ini, BNI Salatiga secara simbolis menyerahkan dana CSRnya untuk pembangunan sumur resapan kepada Pemerintah Kota dan perwakilan masyarakat pada 25 Agustus 2020.

Pembangunan sumur resapan ini merupakan bagian dari rekomendasi Kajian Kerentanan Mata Air dan Rencana Aksi (KKMA-RA) untuk mengatasi penurunan debit dan kualitas mata air Kalitaman.

Kajian yang dilakukan oleh tim KKMA-RA bersama USAID IUWASH PLUS ini menemukan bahwa debit mata air Kalitaman menyusut tajam dari 150 liter liter per detik pada 2010 menjadi 88 liter per detik pada 2019. Jika tidak diatasi, mata air akan kering dalam beberapa tahun mendatang.

Kepala Bappeda Kota Salatiga, Susanto, menjelaskan bahwa sumur resapan sangat penting untuk meningkatkan debit mata air dan menjaga cadangan air.

KKMARA merekomendasikan pembangunan sekitar 1.500 sumur resapan untuk mengembalikan debit mata air Kalitaman seperti semula. Untuk itu, kontribusi dari berbagai pihak sangat diperlukan.

Wakil Pimpinan Bidang Pemasaran BNI Salatiga, Ringgas Sitohang, menjelaskan bahwa BNI Salatiga menyediakan 40 juta rupiah untuk membuat sumur resapan di Desa Kumpulrejo.

“Dana CSR BNI untuk bina lingkungan ini semoga bermanfaat dalam rangka peningkatan cadangan air di Kota Salatiga,” kata Ringgas.

Selain BNI Salatiga, beberapa organisasi juga berencana membangun sumur resapan. Misal, Dinas Lingkungan Hidup membangun 45 sumur resapan. Dari 45 sumur resapan ini, 21 sumur resapan akan dibangun di Desa Kumpulrejo. Selain itu, Pemerintah Desa Kumpulrejo juga akan membangun 10 sumur resapan di lahan warga. PDAM Kota Salatiga juga berencana membangun 10 sumur resapan di lahan PDAM.

Available in enEnglish (English)

Mitra