English Indonesia
Rabu, 19 Agustus 2020

USAID IUWASH PLUS Gelar Talk Show Perilaku Kunci Tetap Aman dan Produktif Di Kala Pandemik COVID-19

USAID IUWASH PLUS Gelar Talk Show Perilaku Kunci Tetap Aman dan Produktif Di Kala Pandemik COVID-19

USAID IUWASH PLUS menggelar talk show virtual dengan tema #3MPlus: Perilaku Kunci untuk Aman dan Produktif selama Pandemik COVID-19 pada 12 Agustus 2020.

Talk show ini menghadirkan para pakar kesehatan sebagai pembicara, seperti dr. Pandu Riono (ahli epidemiologi Universitas Indonesia), dr. Agus Imran Nurali (Direktur Kesehatan Lingkungan Kementerian Kesehatan), dr. Fify Mulyani (Perwakilan Dinas Kesehatan DKI Jakarta), serta dr. Falla Adinda (dokter dan influencer).

Mereka berbagi informasi tentang situasi terkini pandemik COVID-19 serta konsep #3MPlus untuk melindungi masyarakat dari virus ini.

Menurut Dr. Pandu Riono, penularan COVID-19 dapat ditekan jika semua masyarakat menerapkan perilaku #3MPlus, yaitu Memakai Masker, Menjaga Jarak, Mencuci Tangan Pakai Sabun dan Plus Akses Air Minum dan Sanitasi Aman.

Lebih lanjut, Dr. Pandu Riono mengingatkan semua pihak perlu berperan untuk memutus rantai penularan COVID-19.

Sementara itu, dr. Agus Imran Nurali menjelaskan bahwa Kementerian Kesehatan telah mengeluarkan protokol serta media promosi dan komunikasi untuk menerapkan perilaku #3M.

Selain itu, Kementerian Kesehatan juga mendorong masyarakat untuk menggunakan air minum dan sanitasi aman melalui program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat.

Selain pemerintah, tokoh publik dan media juga mempunyai peran penting untuk mengedukasi masyarakat.

dr. Falla Adinda menjelaskan bahwa content creator, tokoh publik, dan media perlu memberikan informasi yang jelas, mudah dicerna, dan tepat sasaran. “Pandemik merupakan saatnya untuk berbagi tugas dan momentum untuk berbenah, menerapkan praktik hidup bersih dan sehat,” tegas dr. Falla.

Available in enEnglish (English)

Mitra