English Indonesia
Senin, 3 Agustus 2020

Pelatihan Pra-Konstruksi Tangki Septik Komunal di Kota Malang

Pelatihan Pra-Konstruksi Tangki Septik Komunal di Kota Malang

Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan, dan Kawasan Permukiman (DPUPRPKP) Kota Malang bersama USAID IUWASH PLUS menggelar pelatihan pra-konstruksi bagi masyarakat penerima tangki septik bersama dari pemerintah Kota Malang pada 28 Juli 2020.

Melalui kegiatan ini, DPUPRPKP menjelaskan rencananya membangun membangun tangki septik komunal biofilter menggunakan dana APBD dan DBH CHT 2020 di tiga kelurahan, yaitu Tulusrejo, Blimbing, dan Purwantoro. Setiap tangki septik akan memiliki kapasitas 3-4m3 dan akan digunakan oleh 4-8 rumah tangga.

Teknologi biofilter dipilih karena tidak perlu lahan luas dan proses pembangunannya relatif lebih cepat dibandingkan tangki septik konvensional. Nantinya, pembangunan ini akan dilakukan oleh pihak ketiga.

Namun demikian, DPUPRPKP dan USAID IUWASH PLUS akan membantu masyarakat penerima di setiap kelurahan untuk membentuk Kelompok Pengguna dan Pemelihara (KPP) serta melatih mereka tentang cara memelihara tangki septik komunal.

“Kegiatan ini merupakan kegiatan kolaborasi USAID IUWASH PLUS dan Pemerintah Kota Malang. Terima kasih kepada masyarakat yang telah ikut berpatisipasi dalam mensukseskan pelayanan sanitasi air limbah domestik. Kami mohon masyarakat akan menyebarluaskan informasi ini dan melaksanakannya di lingkungannya masing masing,” ujar Kepala Bidang Cipta Karya DPUPRPKP Kota Malang, Bambang Nugroho.

Available in enEnglish (English)

Mitra