English Indonesia
Kamis, 16 Juli 2020

Berbagi Kiat Bertahan Bisnis di Tengah Pandemik bagi Para Pengusaha Sanitasi

Berbagi Kiat Bertahan Bisnis di Tengah Pandemik bagi Para Pengusaha Sanitasi

Tiga pengusaha sanitasi mitra USAID IUWASH PLUS berbagi kiat untuk menjalankan bisnis di tengah pandemik COVID-19 kepada 70 wira usaha sanitasi lain dari lima region USAID IUWASH PLUS di Indonesia.

Ketiga pengusaha sanitasi tersebut adalah wirausaha dari Kota Probolinggo, Sulistyo Priantono Putro dari Kota Probolinggo; Kota Jayapura, Sugeng Hadi; dan Direktur BUMDes Wiraraja Kabupaten Lumajang, Disse Aria Dewi.

Mereka menceritakan pengalaman mereka dalam acara berbagi secara online yang dilakukan USAID IUWASH PLUS pada 9 Juli, 2020.

Menurut Sulistyo, motivasi diri, branding unik, dan jaringan merupakan kunci untuk mempromosikan dan melestrrikan usaha, terutama selama pandemik COVID-19.

Sementara itu, Sugeng Hadi menjelaskan bahwa dirinya menggunakan WhatsApp dan OLX untuk mempromosikan produk sanitasi yang dijualnya.

Dia juga membagikan brosur kepada toko material setempat. Selain itu, Sugeng Hadi juga bekerja sama dengan dinas lingkungan hidup untuk mensosialisasikan manfaat pengelolaan air limbah domestik kepada dinas, toko, dan perusahaan.

Sementara itu, Disse Aria Dewi menceritakan bahwa BUMDes Wiraraja mengajak kader untuk menjual produk sanitasi dan melakukan promosi melalukan media online.

Menurut Disse Aria Dewi, keterlibatan kader sangat membantu dalam mempromosikan tangki septik yang dijual oleh BUMDes Wiraraja.

“Sampai saat ini, BUMDes Wiraraja sudah mendapat 25 pesanan yang dibeli masyarakat secara kredit. Di masa pandemik ini, kami masih melanjutkan marketing tetap berjalan secara online dan melayani pembangunan di dalam desa. Namun, pembangunan di luar desa berhenti karena pandemik,” ujarnya.

Available in enEnglish (English)

Mitra