English Indonesia
Selasa, 23 Juni 2020

Diskusi Peta Jalan Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik Kota Medan

Diskusi Peta Jalan Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik Kota Medan

USAID IUWASH PLUS memfasilitasi diskusi peta jalan sistem pengelolaan air limbah domestik Kota Medan yang digelar oleh Bappeda Kota Medan pada 15 Juni 2020.

Diskusi ini dihadiri oleh tim perumus peta jalan sistem pengelolaan air limbah domestik Kota Medan, seperti Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Penataan Ruang, Dinas Kesehatan, PDAM Tirtanadi, program KOTAKU, dan USAID IUWASH PLUS.

Diskusi ini membahas naskah akhir peta jalan yang sangat diperlukan untuk memandu pemerintah kota membuat RPJMD 2021-2025 dan menyiapkan strategi sanitasi kota.

Diskusi yang dilakukan secara daring ini menghasilkan kesepakatan penting tentang organisasi pemerintah daerah yang mengelola air limbah domestik. Berdasar diskusi ini, pengelolaan air limbah domestik menjadi tugas Dinas Pekerjaan Umum Kota Medan.

Hal ini sesuai dengan peraturan yang berlaku, seperti Peraturan Walikota No1/2017 dan Peraturan Menteri Dalam Negeri No 12/2017.

Kesepakatan ini disambut baik oleh Dinas Pekerjaan Umum Kota Medan.

Plt Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum Kota Medan, Mardian Habibie Gultom, mengatakan “penyusunan peta jalan sistem pengelolaan air limbah domestik ini memberikan titik terang dan kejelasan ketugasan pengolaan air limbah domestik di Kota Medan.”

“Terima kasih kepada tim perumus yang telah melakukan analisis regulasi dan kelembagaan”, imbuhnya.

Available in enEnglish (English)

Mitra