English Indonesia
Selasa, 16 Juni 2020

Pelatihan Pengawas Pembangunan Tangki Septik untuk Mendukung Program Sanitasi BAZNAS Kabupaten Barru

Pelatihan Pengawas Pembangunan Tangki Septik untuk Mendukung Program Sanitasi BAZNAS Kabupaten Barru

BAZNAS Kabupaten Barru berkomitmen membantu peningkatan akses sanitasi masyarakat.

Untuk mewujdukan komitmennya, BAZNAS Kabupaten Barru membangun tangki septik bagi 100 keluarga berpenghasilan rendah di enam kelurahan, yaitu Palanro, Mallawa, Takkalasi, Sumpang Bingange, Mangempan, dan Mangkoso. Proses pembangunan tangki septik tersebut melibatkan masyarakat.

Untuk memastikan tangki septik tersebut dibangun dengan benar dan berfungsi baik, USAID IUWASH PLUS melatih perwakilan kelurahan, tulang, relawan Layanan Aktif BAZNAS (LAB), dan Pokja PPAS untuk mengawasi dan mendampingi masyarakat dalam membangun tangki septik.

Pelatihan ini digelar melalui platform online pada 11-12 Juni 2020.

Pelatihan ini dihadiri oleh Kepala Bappeda Kabupaten Barru, Umar S, serta dihadiri oleh anggota Pokja PPAS, seperti Bappeda, dinas kesehatan, dinas permukiman dan cipta karya, serta dinas lingkungan hidup Kabupaten Barru, Koordinator Layanan Aktif BAZNAS (LAB) Kabupaten Barru, relawan LAB, lurah dan tukang dari enam kelurahan penerima program sanitasi dari BAZNAS.

Selama pelatihan, para peserta belajar tentang manfaat toilet dengan tangki septik dan berbagai jenis model tangki septik sesuai air muka tanah.

Menurut mereka, pelatihan ini sangat bermanfaat dan membantu mereka memahami metode pembangunan tangki septik serta sanitasi aman.

Kepala Bappeda Kabupaten Barru, Umar S menjelaskan bahwa pelatihan ini merupakan salah satu dukungan USAID IUWASH PLUS kepada pemerintah kabupaten untuk mencapai sanitasi aman.

“Kami sangat berterima kasih atas dukungan USAID IUWASH PLUS. Kami sudah mendorong pembangunan jamban sehat namun belum aman karena lumpur tinja masih mencemari air tanah. USAID IUWASH PLUS membantu kami mencapai sanitasi aman, salah satunya melalui pelatihan ini,” ujarnya.

Available in enEnglish (English)

Mitra