English Indonesia
Selasa, 9 Juni 2020

Kuatkan Pasar Sanitasi, USAID IUWASH PLUS Lakukan Pelatihan Manajemen Dan Keuangan Bagi Pengusaha Sanitasi

Kuatkan Pasar Sanitasi, USAID IUWASH PLUS Lakukan Pelatihan Manajemen Dan Keuangan Bagi Pengusaha Sanitasi

Kemampuan mengelola keuangan yang baik merupakan salah satu kunci keberhasilan usaha, tidak terkecuali di sektor sanitasi.

Untuk itu, USAID IUWASH PLUS melaksanakan pelatihan tentang manajemen dan keuangan bagi para pengusaha sanitasi pada 3-5 Juni 2020.

Pelatihan online ini melibatkan  sekitar 15 pengusaha sanitasi dari Kota Ternate, Jayapura, Makassar, Probolinggo, Malang, serta Kabupaten Barru, Jayapura, Probolinggo, dan Gresik.

Tujuannya adalah meningkatkan pemahaman dan ketrampilan para pengusaha sanitasi tentang manajemen keuangan dan administrasi, serta mengajari mereka tentang cara membuat rencana bisnis sederhana.

Pelatihan ini juga dilakukan untuk menguatkan pasar sanitasi melalui peningkatan kapasitas para pengusaha sanitasi, sehingga mereka dapat mengelola dan mempertahankan usahanya di tengah pandemik COVID-19.

Sebagai bagian dari tugas dalam pelatihan, para peserta juga diminta membuat rencana bisnis dan berkomitmen untuk menjalankannya.

Para peserta pun antusias mengikuti pelatihan ini, salah satunya Heronimus, pengusaha sanitasi dari Kota Jayapura.

“Materi pelatihan dibawakan dengan metode yang sangat mudah dimengerti,” ujar Heronimus.

Anto, pengusaha sanitasi dari Kota Probolinggo, juga mengatakan bahwa dirinya mendapat banyak ilmu dari pelatihan ini, terutama tentang manajemen keuangan, yang juga merupakan topik yang relatif baru baginya.

Available in enEnglish (English)

Mitra