English Indonesia
Kamis, 4 Juni 2020

Cuci Tangan Pakai Sabun, Lini Terdepan Perlindungan Diri dari COVID-19

Cuci Tangan Pakai Sabun, Lini Terdepan Perlindungan Diri dari COVID-19

COVID-19 telah menjadi ancaman serius bagi kesehatan dan kesejahteraan manusia. Virus yang telah menyerang lebih dari 200 negara di seluruh dunia ini juga membawa dampak besar bagi kehidupan sosial dan ekonomi.

Mencegah penularan COVID-19 dengan menerapkan perilaku aman dan higiene sangat penting untuk melawan pandemik ini, salah satunya dengan membiasakan cuci tangan pakai sabun.

Cuci tangan pakai sabun juga terbukti menjadi cara paling efektif dan terjangkau untuk meningkatkan kesehatan dan melindungi diri dari infeksi.

Fasilitas cuci tangan pakai yang dilengkapi dengan air bersih dan sabun yang dapat tersedia dan diakses oleh masyarakat serta di tempat-tempat umum, seperti pasar, tempat kerja, dan sarana kesehatan sangat diperlukan untuk mencegah penularan COVID-19 antar manusia.

Dukungan USAID IUWASH PLUS dalam Kampanye Cuci Tangan Pakai Sabun

Oleh karenanya, USAID IUWASH PLUS berkolaborasi dengan pemangku kepentingan lainnya serta pemerintah untuk melakukan kampanye cuci tangan pakai sabun secara nasional.

Melalui kolaborasi ini, USAID IUWASH PLUS mendistribusikan sarana dan mempromosikan cuci tangan pakai sabun. USAID IUWASH PLUS juga membantu masyarakat sekitar untuk membiayai, merancang, membuat dan memelihara sarana cuci tangan pakai sabun.

Media promosi juga dibuat untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya cuci tangan pakai sabun dan perilaku higiene lainnya untuk mencegah COVID-19.

Kegiatan promosi perubahan perilaku ini dilakukan oleh USAID UWASH PLUS bersama masyarakat dan sebagian besar menggunakan media online.

Contoh materi promosi cuci tangan pakai sabun juga dapat dilihat melalui tautan ini.

Selain mendukung kampanye cuci tangan pakai sabun, USAID IUWASH PLUS juga ikut serta dalam pertemuan koordinasi WASH yang dipimpin oleh UNICEF secara online dan dihadiri lebih dari 100 peserta. Pertemuan yang digelar setiap Selasa ini membahas berbagai topik terkait COVID-19 dan memberikan informasi terbaru tentang kondisi terkini kepada para peserta.

Kontributor Deasy Sekar Tanjung

Available in enEnglish (English)

Mitra