English Indonesia
Rabu, 20 Mei 2020

Belajar Pengelolaan Lumpur Tinja yang Aman Selama COVID-19 Melalui Kelas Virtual

Belajar Pengelolaan Lumpur Tinja yang Aman Selama COVID-19 Melalui Kelas Virtual

Beberapa pelayanan publik masih tetap beroperasi selama COVID-19, salah satunya adalah layanan pengelolaan lumpur tinja. Untuk memastikan pelayanan diberikan secara aman, para petugas pengelola lumpur tinja perlu mempunyai pengetahuan dan menerapkan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3).

Inilah yang menjadi dasar bagi Kementerian PUPR, FORKALIM, dan USAID IUWASH PLUS untuk menggelar Kelas Virtual K3 dalamPpengelolaan Air Limbah Domestik Setempat selama Pandemi COVID-19. Kelas virtual ini terdiri dari tiga bagian. Kelas virtual pertama dilakukan Mei 11, 2020, kelas kedua diadakan pada Mei 15, 2020, dan kelas ketiga diselenggarakan pada Mei 20, 2020.

Setiap kelas virtual menghadirkan para pakar di bidang K3, spesialis pengelolaan lumpur tinja, perwakilan Kementerian PUPR, dan operator air limbah domestik. Mereka membahas topik yang bervariasi seputar K3 dalam pengelolaan air limbah domestik di setiap kelas virtual.

Kelas virtual pertama fokus pada K3 pada penyedotan dan pengangkutan lumpur tinja. Kelas kedua berisi tentang K3 di Instalasi Pengelolaan Lumpur tinja, sedangkan kelas terakhir membahas sistem manajemen K3 dalam pengelolaan lumpur tinja.

Zainuddin Azis, peserta dari Bappeda Kota Kendari yang mengikuti kelas virtual ke 1 dan ke 3 mengatakan, pengetahuan ini sangat berguna bagi petugas pengelola lumpur tinja untuk melindungi diri mereka ketika bertugas selama COVID-19.

“Kami berharap kegiatan ini dapat diteruskan setidaknya hingga pandemik COVID-19 berakhir sebab sanitasi dan hygiene turut menjadi isu penting dan mendapat perhatian selama pandemik berlangsung, ” ujar  Kasubdit Air Limbah Kementerian PUPR, Suharsono.

Dengan demikian, Kementerian PUPR berharap penyelenggaraan  kelas virtual dapat  membantu masyarakat dan operator  memperoleh pengetahuan yang tepat mengenai pengelolaan lumpur tinja di masa pandemik COVID-19.

Kelas virtual ini diselenggarakan melalui platform Googlemeets, serta disiarkan secara live melalui akun Youtube Live USAID IUWASH PLUS dan Facebook FORKALIM.

Rekaman video kelas virtual dapat diakses melalui Youtube AirSanitasi

Available in enEnglish (English)

Mitra