English Indonesia
Selasa, 5 Mei 2020

Gerakan Cuci Tangan Pakai Sabun Semakin Bersemi di Jawa Timur

Gerakan Cuci Tangan Pakai Sabun Semakin Bersemi di Jawa Timur

Di tengah masa pandemik Covid-19, gerakan cuci tangan pakai sabun semakin gencar dilakukan di kabupaten/kota dampingan USAID IUWASH PLUS di Jawa Timur, salah satunya adalah Kabupaten Lumajang.

Awal April 2020, tim monev partisipatif bersama USAID IUWASH PLUS membuat sarana cuci tangan pakai sabun untuk dibagikan kepada warga Kelurahan Rogotrunan dan Tompokersan serta Desa Karangsari yang belum mempunyai fasilitas tersebut. Tim monev partisipatif adalah kelompok masyarakat yang dilatih USAID IUWASH PLUS dan puskesmas setempat untuk mendorong peningkatan akes air minum dan sanitasi rumah tangga, serta mempromosikan perubahan perilaku.

Hanya dalam waktu sebulan, tim monev partisipatif bersama USAID IUWASH PLUS berhasil membuat 60 sarana cuci tangan pakai sabun dan mencetak 660 sticker. April 27-30, 2020, tim monev partisipatif mulai mendistribusikan sarana tersebut kepada warga yang membutuhkan di Kelurahan Rogotrunan dan Tompokersan serta Desa Karangsari. Masing-masing desa menerima 20 sarana cuci tangan pakai sabun dan 220 sticker.

Lurah Tompokersan, Hindam Adri Abadan, menyambut hangat upaya ini. “Semoga dengan adanya sarana ini, warga saya bisa menjaga kebersihan dengan selalu cuci tangan pakai sabun sehingga terhindar dari Covid-19,” ujarnya.
Selain tim monev partisipatif, beberapa warga di Kelurahan Tompokersan, Rogotrunan, dan Desa Karangsari juga membuat sarana cuci tangan pakai sabun secara mandiri.

Selain Lumajang, beberapa kelompok masyarakat di Kabupaten Gresik, Kabupaten dan Kota Probolinggo, serta Kabupaten dan Kota Malang juga telah membuat dan membagikan sarana cuci tangan pakai sabun dan sticker kepada warga sekitar. Di akhir April 2020, distribusi sarana cuci tangan pakai sabun juga dilakukan di tiga kelurahan/desa di Kabupaten Sidoarjo, tiga kelurahan/desa di Kabupaten Gresik, dan satu RW di salah satu dusun di Kabupaten Malang.

Secara keseluruhan, program USAID IUWASH PLUS telah membantu pembuatan sarana cuci tangan pakai sabun di sekitar 22 kelurahan di 7 kabupaten/kota di Jawa Timur.

Dilakukan di Wilayah Kerja USAID IUWASH PLUS Lain

Tidak hanya di Jawa Timur, USAID IUWASH PLUS juga membantu masyarakat dan pemangku kepentingan lain wilayah kerjanya yang lain untuk membuat sarana cuci tangan pakai sabun, yaitu Sumatra Utara, Jawa Barat dan DKI Jakarta, Jawa Tengah, serta Sulawesi Selatan dan Indonesia Timur.

Bantuan USAID IUWASH PLUS diberikan dalam bentuk kran dan/atau sabun, atau di beberapa hal mendanai penuh pembuatan sarana tersebut.

Secara keseluruhan, program USAID IUWASH PLUS telah berkontribusi terhadap pembuatan 1.046 sarana cuci tangan pakai sabun di lima wilayah kerjanya. Selain itu, para mitra USAID IUWASH PLUS juga telah membuat total 5.113 sarana cuci tangan pakai sabun.

Available in enEnglish (English)

Mitra