English Indonesia
Selasa, 14 April 2020

PDAM Tirtauli Bersiap Laksanakan Program Penurunan Air Tak Berekening

PDAM Tirtauli Bersiap Laksanakan Program Penurunan Air Tak Berekening

PDAM Tirtauli siap melaksanakan program penurunan air tak berekening (NRW) secara optimal. Hal ini disampaikan oleh Direktur Utama PDAM Tirtauli, Zulkifli Lubis kepada USAID IUWASH PLUS dan PT Agrapana Amarta Renergi saat Kick Off Meeting dan Sosialisasi  Program Peningkatan Kapasitas NRW PDAM Tirtauli pada 8 April, 2020.

Pertemuan yang dilakukan secara online ini juga menandakan bahwa program penurunan NRW di PDAM Tirtauli telah resmi dilakukan. Program penurunan NRW tersebut diharapkan dapat membantu PDAM Tirtauli menurunkan tingkat NRWnya empat hingga lima persen selama lima tahun dari tingkat NRW saat ini (sekitar 29,8 persen).

Pelaksanaan program penurunan NRW di PDAM Tirtauli, termasuk kegiatan peningkatan kapasitas, akan didukung oleh USAID IUWASH PLUS melalui PT Agrapana Amarta Renergi—konsultan yang bergerak di bidang air limbah dan energi terbarukan.

Selama pertemuan online, PDAM Tirtauli, USAID IUWASH PLUS, dan PT Agrapana Amarta Renergi membahas pelaksanaan program peningkatan kapasitas serta persiapan pelaksanaan program penurunan NRW, seperti pembentukan tim NRW PDAM. Persiapan yang diperlukan antara lain pembentukan tim NRW PDAM dan penerbitan SK untuk mendukung kerja tim, metode pelaksanaan pelatihan dasar, serta diskusi Detailed Engineering Design (DED) meter induk produksi.

Pertemuan ini menghasilkan beberapa rencana kerja, antara lain (1) pembuatan DED untuk spesifikasi, pengadaan, dan pemasangan meter induk produksi serta identifikasi anggaran akan diprioritaskan selama masa karantina Covid-19; (2) diskusi DED dan pelatihan dasar bagi tim NRW PDAM dan staf lain akan dilakukan menggunakan saluran online; (3) pembentukan tim NRW PDAM yang terdiri dari sepuluh orang yang berasal dari lintas bagian dan penerbitan SK untuk mendukung kerja tim; (4) persiapan saluran online untuk pelatihan dan diskusi DED.

Pertemuan online ini mendapat apresiasi dari Direktur Utama PDAM Tirtauli, Zuklifli Lubis. “Terima kasih kepada USAID IUWASH PLUS yang sudah menemukan cara agar program NRW di PDAM Tirtauli dapat dijalankan meskipun dalam keterbatasan karena krisis Covid-19,” ujarnya.

Selain PDAM Tirtauli, USAID IUWASH PLUS melalui PT Agrapana Amarta Renergi juga membantu PDAM di Kota Tebing Tinggi, Kabupaten Gresik, Kota Probolinggo, Kabupaten Barru melaksanakan program penurunan NRW.

Available in enEnglish (English)

Mitra