English Indonesia
Selasa, 24 Maret 2020

Talk Show Radio ‘Membangun Magelang Moncer Serius dengan Musrenbang yang Jujur, Adil, dan Terbuka’

Talk Show Radio ‘Membangun Magelang Moncer Serius dengan Musrenbang yang Jujur, Adil, dan Terbuka’

Diskominsta Kota Magelang berkerja sama dengan USAID IUWASH PLUS menyelenggarakan talk show di Radio Magelang 103,5FM untuk membahas Musrenbang pada 16 Maret, 2020.

Talk show tersebut bertajuk, “Membangun Magelang Moncer Serius dengan Musrenbang yang Jujur, Adil, dan Terbuka.”

Acara ini menghadirkan Kepala Bidang Perencanaan Bappeda Kota Magelang, Kukuh Sari Pamungkas; Lurah Tidar Utara, Tenny Iis Mulyadi, dan Ketua LPM Kelurahan Jurang Ombo, Heru Sanyoto, sebagai nara sumber.

Dalam talk show tersebut, Lurah Tenny Iis Mulyadi berbagi pengalamannya mengadopsi metode pembuatan peta wilayah secara partisipatif yang dikenalkan oleh USAID IUWASH PLUS dalam Musrenbang Kelurahan.

Lurah Tenny Iis Mulyadi menjelaskan, “Musrenbang di Kelurahan Tidar Utara kali ini meriah karena semua RT mempresentasikan peta wilayah saat pra musrenbang dan musrenbang”. Peta tersebut merupakan rujukan bersama bagi warga untuk memahami masalah yang dihadapi di lingkungan mereka.

Kepala Bagian Perencanaan Bappeda Kota Magelang, Kukuh Sari Pamungkas, juga menegaskan program air minum dan sanitasi yang menjadi prioritas pembangunan Pemkot Magelang dan musrenbang Kelurahan merupakan forum musyawarah bagi multipihak untuk membahas dan menyepakati usulan rencana kegiatan pembangunan kelurahan.

Di samping itu, Ketua LPM Kelurahan Jurang Ombo Selatan, Heru Sanyoto, juga berperan menyuarakan aspirasi warga, salah satunya melalui Musrenbang.

Talk show ini mendapat respon positif dari pendengar, salah satunya adalah Argono Widodo, warga Kelurahan Panjang. Menurutnya talk show ini membantu warga mendapat informasi tentang rencana pembangunan pemerintah dan dapat memotivasi warga untuk menyukseskan pelaksanaan program pemerintah.

Talk show di Radio Magelang 103,5FM kali ini merupakan talk show kelima yang dilakukan Diskominsta bersama USAID IUWASH PLUS. Acara ini adalah wadah bagi warga untuk berdiskusi tentang isu air minum dan sanitasi dari pemerintah dan penggerak air minum dan sanitasi. Selain itu, talk show di radio juga membantu pemerintah daerah untuk mengevaluasi program air minum dan sanitasinya, serta mengumpulkan masukan dari warga.

Available in enEnglish (English)

Mitra