English Indonesia

Arisan: Skema Pembiayaan Alternatif untuk Pembangunan Tangki Septik

Arisan: Skema Pembiayaan Alternatif untuk Pembangunan Tangki Septik

Pemerintah Kabupaten Deli Serdang berupaya mewujudkan layanan sanitasi yang dikelola secara aman untuk semua.

Untuk itu, sejak 2016, Dinas Kesehatan Kabupaten Deli Serdang dan USAID IUWASH PLUS telah mendukung Puskesmas Bandar Baru dan tim Penggerak PKK di Sibolangit untuk mempromosikan secara intensif layanan sanitasi yang dikelola secara aman, termasuk pembangunan tangki septik yang memenuhi SNI (Standar Nasional Indonesia) bagi semua warga di Kecamatan Sibolangit.

Meskipun upaya promosi tersebut itu baru saja dimulai, sejumlah warga telah menunjukkan minatnya untuk membangun tangki septik. Diantaranya adalah warga Desa Suka Maju, sebuah desa kecil yang terletak di Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.

Desa Suka Maju memiliki sekitar 700KK, dan sebagian besar keluarga di daerah ini sudah menyadari pentingnya memiliki toilet dengan tangki septik.

“Kami belajar pentingnya memiliki toilet dan tangki septik untuk melindungi keluarga kami dari penyakit, seperti diare dan infeksi bakteri/virus lainnya, dari dinas kesehatan kabupaten dan tim Penggerak PKK. Mereka sering mengunjungi Desa Suka Maju untuk mempromosikan sanitasi yang dikelola secara aman,” ujar Malemta Tarigan, staf Dinas Kesehatan Kabupaten Deli Serdang.

“Namun, membangun tangki septik sangat mahal bagi sebagian besar penduduk Desa Suka Maju yang mayoritas bekerja sebagai petani dan tidak mampu membayarnya sekaligus,” tambahnya.

Oleh karena itu, Kepala Desa Suka Maju mendorong masyarakat untuk mengadakan arisan untuk membiayai pembangunan tangki septik.

Menanggapi hal itu, 13 KK di Desa Suka Maju memprakarsai arisan pada Agustus 2019, di mana masing-masing membayar Rp90 ribu per bulan. Setiap bulan, satu rumah tangga diundi untuk menerima uang arisan sebesar Rp1.170.000 yang akan digunakan untuk membangun tangki septik.

September 2019, keluarga Aprin Bukit terpilih sebagai penerima arisan pertama. Kemudian, dia menggunakan uang arisan tersebut untuk membeli bahan-bahan untuk membangunan tangki septik.

Tetangga Aprin Bukit pun membantu pembangunan tangki septik tersebut. Saat pembangunan tangki septik keluarga Apri Bukit, USAID IUWASH PLUS juga mengajarkan masyarakat di Desa Suka Maju cara membangun tangki septik secara benar dan aman, serta bagaimana melakukan pemeliharaan tangki septik agar tetap dapat berfungsi baik dalam jangka waktu lama.

Tim PKK memanfaatkan momentum kerja sama tersebut untuk menghimbau warga yang lain agar membangun tangki septik sebagai salah satu langkah penting untuk mewujudkan sanitasi yang dikelola secara aman.

Melihat antusias warga terhadap arisan, Kepala Desa Suka Maju berkomitmen untuk mendorong lebih banyak keluarga untuk melakukan arisan. Arisan dapat menjadi skema pembiayaan alternatif yang dapat digunakan masyarakat untuk membangun fasilitas WASH.

Available in enEnglish (English)

Mitra