English Indonesia
Rabu, 26 Februari 2020

Grand Launching Layanan Lumpur Tinja Kota Medan

Grand Launching Layanan Lumpur Tinja Kota Medan

Gubernur Sumatra Utara, Edy Rahmayadi meresmikan layanan lumpur tinja di Rumah Dinas Gubernur di Kota Medan pada Februari 18, 2020. Layanan ini nantinya akan dikelola oleh PDAM Tirtanadi.

Plt Wali Kota Medan, Akhyar Nasution; dan Akting Konsul Amerika Serikat di Kota Medan, Brett Walkley juga hadir dalam acara yang bertujuan mengenalkan layanan lumpur tinja kepada publik.

Dalam sambutannya, Gubernur Sumatra Utara menjelaskan bahwa pengelolaan air limbah domestik sudah menjadi tuntutan di kota besar. Gubernur berharap bahwa setelah ada layanan lumpur tinja, masyarakat tidak membuang limbah rumah tangga ke sungai. “Untuk itu, program layanan lumpur tinja ini harus disosialisasikan agar rakyat paham,” ujar gubernur.

Senada dengan gubernur, Akting Konsul Amerika Serikat di Medan, Brett Walkley, menjelaskan bahwa layanan lumpur tinja yang dikelola PDAM Tirtanadi sangat penting karena PDAM tidak hanya melayani Kota Medan tapi juga daerah lain di sekitarnya. “Kami bangga dapat ikut memperkuat infrastruktur sanitasi aman di Kota Medan,” ujarnya.

Untuk mendukung pelaksanaan layanan lumpur tinja, PDAM Tirtanadi dan USAID IUWASH PLUS membuat alat pendukung layanan tersebut, antara lain SOP layanan lumpur tinja dan sistem informasi manajemen (MIS) untuk mengelola database pelanggan. Saat ini, 785KK telah terdaftar dalam MIS.

Seperti harapan gubernur, PDAM Tirtanadi akan melanjutkan sosialisasi layanan lumpur tinja untuk mencapai target memberikan layanan lumpur tinja bagi 1,400 pelanggan hingga September 2020.

Available in enEnglish (English)

Mitra