English Indonesia
Kamis, 12 Desember 2019

USAID IUWASH PLUS Berpartisipasi di Konferensi Sanitasi dan Air Minum Nasional 2019

USAID IUWASH PLUS Berpartisipasi di Konferensi Sanitasi dan Air Minum Nasional 2019

USAID IUWASH PLUS berpartisipasi dalam Konferensi Sanitasi dan Air Minum Nasional (KSAN) 2019 yang diselenggarakan oleh Bappenas dan Pokja PPAS di Hotel Kempinski Jakarta, pada 2 Desember 2019. KSAN 2019 terdiri dari konferensi dan festival.

Konferensi dua tahunan yang mengusung tema “Menuju Layanan Sanitasi Aman, Inovatif, dan Berkelanjutan’ ini dibuka oleh Wakil Presiden, Ma’aruf Amin. Hadir juga dalam konferensi ini, Menteri PPN/Kepala Bappenas, Suharsono Monoarfa; pejabat sejumlah kementerian terkait, perwakilan 34 provinsi dan 269 kabupaten/kota, mitra pembangunan, AKKOPSI, AKSANSI, Asosiasi BPPSPAM, LSM, dan universitas.

Dalam konferensi, USAID IUWASH PLUS menghadirkan Walikota Surakarta, FX Rudyatmo untuk berbagi pengalaman Kota Surakarta mengintegrasikan layanan air limbah dan air minum kepada para peserta di sesi talk show. Selain Walikota Surakarta, Bupati Dompu dan Walikota Tasikmalaya juga berbagi pengalaman dan inovasi tentang program penyediaan akses air minum dan sanitasi untuk semua di sesi talk show.

Berbagai upaya yang dilakukan oleh pemerintah daerah ini berkontribusi terhadap peningkatan akses air minum dan sanitasi layak di Indonesia. Dalam pidato kuncinya, Menteri PPN/Kepala Bappenas menjelaskan bahwa selama 2010 hingga 2018, akses air minum layak naik 0,5 persen dan akses sanitasi layak naik 1,88 persen setiap tahunnya.

Selain memberikan pidato kunci, Menteri PPN/Kepala Bappenas menyerahkan penghargaan AMPL kepada pemerintah kabupaten/kota, kelompok masyarakat, dan tokoh masyarakat yang telah melakukan inovasi dalam memajukan layanan air minum dan sanitasi.

Dua mitra USAID IUWASH PLUS, yaitu Pemerintah Kota Surakarta dan KPSPAMS Tirta Johar Mandiri dari Deli Serdang menerima penghargaan AMPL. Pemerintah Kota Surakarta mendapat penghargaan untuk pengelolaan database layanan lumpur tinja terjadwal, sedangkan penghargaan kepada KPSPAMS Tirta Johar Mandiri diberikan untuk inovasi arisan layanan lumpur tinja.

Selain berpartisipasi dalam konferensi, USAID IUWASH PLUS juga mendukung mengundang blogger dan vlogger untuk hadir dalam festival KSAN 2019 untuk berbagi pengetahuan tentang sanitasi aman kepada masyarakat umum. Para blogger dan vlogger ini telah belajar tentang sanitasi aman ketika mengikuti acara ‘Kumpul Blogger’ yang diselenggarakan USAID IUWASH PLUS dua minggu sebelumnya.

Available in enEnglish (English)

Mitra