English Indonesia
Rabu, 6 November 2019

Pemkab Jayapura Luncurkan Layanan Lumpur Tinja dan Resmikan IPLT Waibron

Pemkab Jayapura Luncurkan Layanan Lumpur Tinja dan Resmikan IPLT Waibron

Pemkab Jayapura dengan dukungan USAID IUWASH PLUS meluncurkan layanan lumpur tinja dan meresmikan IPLT Waibron di Kantor Dinas PUPR Kabupaten Jayapura pada 31 Oktober 2019.

Acara ini dihadiri oleh Sekda Kabupaten Jayapura, Hana Hikoyabi; perwakilan Kementerian PUPR, Dinas PUPR Provinsi Papua, dan organisasai perangkat daerah di Kabupaten Jayapura.

Kasi Kelembagaan, Subdit Standarisasi dan Kelembagaan, Kementerian PUPR, Asri Indiyani mengatakan Kabupaten Jayapura menjadi salah satu dari 10 daerah di Indonesia yang telah meluncurkan layanan lumpur tinja.

Untuk mendukung penyediaan layanan ini, Pemkab Jayapura telah membangun fasilitas pendukung, antara lain database pelanggan menggunakan Sistem Informasi Manajemen, IPLT dengan kapasitas 15m3 per hari, dan dua truk tinja.

Selain itu, UPTD PALD juga telah melakukan survei tangki septik untuk 1.500 KK yang berpotensi menjadi pelanggan layanan lumpur tinja.

Alpius Toam, Kepala Dinas PU Kabupaten Jayapura berharap kepala district dan RT/RW dapat mensosialisasikan layanan lumpur tinja hingga semua masyarakat terlayani.

Available in enEnglish (English)

Mitra