English Indonesia
Rabu, 30 Oktober 2019

USAID Global Water Apresiasi Masyarakat Kelurahan Babakan Pasar

USAID Global Water Apresiasi Masyarakat Kelurahan Babakan Pasar

Perwakilan Global Water Kantor Washington, Nga Nguyen, mengapresiasi masyarakat Kelurahan Babakan Pasar, Kota Bogor yang telah mengubah perilaku WASHnya. Apresiasi ini disampaikan ketika Nga Nguyen mengunjungi Kelurahan Babakan Pasar pada 21 Oktober, 2019.

Menurutnya, banyak masyarakat di Kelurahan Babakan Pasar yang jelas mau berubah [meninggalkan kebiasaan buang air besar sembarangan dan beralih ke toilet dengan tangki septik], dan banyak perkembangan bagus terkait peningkatan akses WASH

Dalam kunjungan ini, Nguyen juga berdiskusi dengan pemerintah, tim monev partisipatif, dan penerima manfaat tentang kondisi akses WASH di Kelurahan Babakan.

Meskipun hanya berjarak 6km dari Istana Bogor, masih ada masyarakat Kelurahan Babakan Pasar yang buang air besar sembarangan. Beberapa masyarakat yang sudah menggunakan toilet tidak mempunyai tangki septik, sehingga tinja langsung dibuang ke sungai.

Untuk akses air minum, sebagian besar masyarakat Kelurahan Babakan Pasar menggunakan air PDAM tapi beberapa rumah tangga masih menggunakan air sungai.

Berbagai upaya telah dilakukan oleh KOTAKU, Dinas Kesehatan, Dinas PUPR, masyarakat, dan USAID IUWASH PLUS untuk mengubah situasi tersebut. Salah satunya adalah kegiatan penyadaran masyarakat.

Saat ini, 22 KK di Kelurahan Babakan Pasar sudah membangun toilet dengan tangki septik, dan 39 KK lainnya sedang membangun fasilitas tersebut menggunakan subsidi pemerintah.

Available in enEnglish (English)

Mitra