English Indonesia
Selasa, 15 Oktober 2019

Pemkab Tangerang Luncurkan Layanan Lumpur Tinja Terjadwal

Pemkab Tangerang Luncurkan Layanan Lumpur Tinja Terjadwal

Pemkab Tangerang dengan dukungan USAID IUWASH PLUS meluncurkan Layanan Lumpur Tinja Terjadwal (LLTT) di Kantor UPT IPAL, Kecamatan Sepatan Timur Kabupaten Tangerang pada 10 Oktober 2019.

Layanan ini diluncurkan sebagai wujud komitmen Pemkab Tangerang untuk menyediakan layanan air limbah domestik kepada seluruh masyarakat.

Bupati Tangerang, Ahmed Iskandar Zaki, mengatakan peningkatan cakupan air minum dan sanitasi serta akses terhadap saluran limbah rumah tangga menjadi salah satu program dalam RPJMD Kabupaten Tangerang.

Selain LLTT, Zaki juga menjelaskan Pemkab Tangerang telah melakukan berbagai program sanitasi, seperti GEBRAK PAKUMIS (program rehabilitasi rumah tidak layak huni), SANISEK (sanitasi sekolah), dan SANITREN (sanitasi pesantren).

“Saya harap program ini dapat menjadi prioritas pembangunan yang pada akhirnya dapat meningkatkan pemerataan akses dan kualitas sanitasi aman,” ujar Ahmed Iskandar Zaki.

Director Environment Office USAID, Jason Seuc, mengapresiasi Pemkab Tangerang yang sudah melaksanakan berbagai program sanitasi untuk mendukung pencapaian program 100-0-100, dimana akses sanitasi layak untuk semua menjadi salah satu tujuannya.

“Program ini perlu dilanjutkan untuk mencapai sanitasi aman yang dilengkapi LLTT,” ujar Jason Seuc.
LLTT merupakan salah satu bagian kerja sama Pemkab Tangerang dan USAID IUWASH PLUS.

Berbagai upaya telah dilakukan untuk menyiapkan pelaksanaan layanan ini, antara lain pembuatan SIMLASTI (sistem manajemen informasi untuk memonitor seluruh rangkaian LLTT). Hingga Oktober 2019, sekitar 2.211 rumah tangga telah terdaftar dalam SIMLASTI.

Untuk mendukung pelaksanaan LLTT, Bupati Tangerang berkomitmen menyediakan truk tinja tambahan dan membangun dua IPLT untuk mengolah lumpur tinja.

Kegiatan peluncuran LLTT di Kabupaten Tangerang ini juga dihadiri oleh pejabat dan staf Kementerian PUPR, dinas perumahan, permukiman, dan pemakaman, dinas kesehatan, puskesmas, Lurah Sepatan Timur, swasta, LKM, universitas, dan organisasi masyarakat. Perwakilan Kota Depok dan Kabupaten Bogor juga hadir untuk mengamati dan belajar dari Kabupaten Tangerang tentang pelaksanaan LLTT.

Available in enEnglish (English)

Mitra