English Indonesia
Rabu, 9 Oktober 2019

Tim Monev Partisipatif Kota Magelang Bahas Air Minum Dan Sanitasi dengan Wakil Walikota

Tim Monev Partisipatif Kota Magelang Bahas Air Minum Dan Sanitasi dengan Wakil Walikota

(02/10/2019). Tim monitoring dan evaluasi (monev) partisipatif dari empat kelurahan mitra USAID IUWASH PLUS melaksanakan pertemuan multi-pihak siklus kedua di Kota Magelang. Keempat kelurahan tersebut adalah Tidar Utara, Rejowinangun Utara, Panjang, dan Gelangan.

Acara yang diberi nama Tembang Tidar Bersemi Di Hati (Temu Warga Tindakan Sadar Bersanitasi, Air Minum, dan Budaya PHBS), ini dihadiri oleh Wakil Walikota Magelang, Windarti Agustina serta pejabat dan staf di lingkungan pemerintah Kota Magelang.

Dalam sambutan pembukaannya, Wakil Walikota Magelang, Windarti Agustina, menjelaskan bahwa pemerintah kota ingin mewujudkan 100 persen akses air minum, 0 persen lingkungan kumuh, dan 100 persen akses sanitasi. Target ini telah tertuang dalam RPJMD 2016-2021.

Lebih lanjut, Wakil Walikota menjelaskan bahwa Pemerintah Kota Magelang menggandeng berbagai pihak seperti perusahaan dan masyarakat untuk mewujudkan target 100-0-100.

“Program sebaik apapun tidak akan sesuai harapan tanpa peran serta masyarakat, termasuk 100-0-100. Besar upaya justru berasal dari masyarakat itu sendiri,” ujar Windarti Agustina, seperti dikutip dari Magelangexpress.com (2019/10/03).

Sebagai tindak lanjut pertemuan ini, Dinas Perumahan dan Permukiman Kota Magelang berkomitmen menggunakan DAK 2020 untuk membangun 21 SPALDS in empat kelurahan mitra USAID IUWASH PLUS. Masyarakat akan membantu melihat berapa banyak rumah yang dapat tersambung dengan fasilitas ini.

 

Available in enEnglish (English)

Mitra