English Indonesia
Selasa, 1 Oktober 2019

USAID IUWASH PLUS Dukung City Sanitation Summit Ke-19

USAID IUWASH PLUS Dukung City Sanitation Summit Ke-19

Pemerintah Kota Banjarmasin, AKKOPSI, dan USAID IUWASH PLUS melaksanakan City Sanitation Summit ke-19 pada 24 September 2019 di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

City Sanitation Summit merupakan konferensi tahunan kepala daerah yang diselenggarakan AKKOPSI (Aliansi Kabupaten/Kota Peduli Sanitasi) untuk membahas berbagai isu sanitasi. City Sanitation Summit ke-19 ini mengangkat tema Kepemimpinan Kuat merupakan Kunci Keberhasilan Layanan Berkelanjutan menuju Sanitasi Aman.

Konferensi ini dihadiri oleh Menteri PPN/Kepala Bappenas, Dirjen Bina Pembangunan Daerah, Kementerian Dalam Negeri; Ahli Bidang Ekonomi dan Investasi, Kementerian PUPR, Direktur Perkotaan, Perumahan, dan Permukiman, Bappenas; perwakilan Ditjen Cipta Karya, Kementerian PUPR, Deputy Director Kantor Lingkungan Hidup USAID, dan perwakilan 195 kabupaten/kota, termasuk 100 kepala daerah.

Dalam sambutan kuncinya, Menteri PPN/Kepala Bappenas menegaskan pentingnya pembangunan air minum dan sanitasi di daerah.

“Air minum dan sanitasi merupakan infrastruktur mendasar karena melekat pada individu dan berkaitan dengan kehidupan dan kesehatan. Sudah saatnya kepala daerah bicara tentang infrastruktur yang langsung menyentuh pribadi”, ujar Menteri PPN/Kepala Bappenas.

“Air minum dan sanitasi harus menjadi prioritas pembangunan daerah,” imbuhnya.

Konferensi ini juga menghadirkan Bupati Tangerang dan Wakil Bupati Gresik untuk berbagi pengalaman tentang pembangunan sanitasi di wilayah mereka.

Kabupaten Tangerang telah berhasil melaksanakan program sanitasi berbasis masyarakat, seperti GEBRAK PAKUMIS Plus dan Sanitren.

Selain itu, Go Ploong—aplikasi layanan lumpur tinja berbasis Android, di Kabupaten Gresik terpilih menjadi karya terbaik IdenTIK 2019 dalam kategori public sector, dan akan mewakili Indonesia di tingkat ASEAN.

Dalam konferensi ini, Menteri PPN/Kepala Bappenas juga menyerahkan penghargaan daerah yang paling siap melaksanakan layanan lumpur tinja kepada lima kabupaten/kota. Kelima daerah tersebut adalah Kota Bekasi, Kota Surakarta, Kabupaten Gresik, Kabupaten Kulon Progo, dan Kota Kendari. Selain kabupaten/kota, provinsi DI.Yogyakarta mendapat penghargaan untuk kategori regional.

Available in enEnglish (English)

Mitra