English Indonesia
Kamis, 22 Agustus 2019

Pelatihan Pra-Konstuksi Bio-Filter Komunal untuk Organisasi Masyarakat di Keluruhan Sukun dan Tanjungrejo, Malang

Pelatihan Pra-Konstuksi Bio-Filter Komunal untuk Organisasi Masyarakat di Keluruhan Sukun dan Tanjungrejo, Malang

USAID IUWASH PLUS melaksanakan pelatihan pra-konstruksi bio-filter komunal untuk kelompok masyarakat di Kelurahan Sukun dan Tanjungrejo pada tanggal 15 Agustus 2019 di kelurahan Tanjungrejo, Malang.

Turut hadir dalam pelatihan Kelompok Masyarakat (POKMAS) Kelurahan Sukun dan Kelurahan Tanjungrejo, Lurah Tanjungrejo, Kepala Seksi Sarana dan Prasarana Kelurahan Sukun dan Kelurahan Tanjungrejo, Ketua Lembaga Perencanaan Masyarakat Kelurahan (LPMK), dan Ketua dari Badan Keswayaan Masyarakat (BKM).

Pada tahun 2019 ini, Kelurahan Sukun dan Tanjungrejo menerima Dana Alokasi Umum (DAU) dari pemerintah dengan jumlah 352 juta rupiah untuk masing-masing kelurahan untuk pembangunan infrastruktur dan keperluan non-infrastruktur. Masing-masing kelurahan akan menggunakan anggaran tersebut untuk membangun lima hingga enam bio-filter komunal yang dapat melayani sekitar 60 rumah.

Training pra-konstruksi ini bertujuan untuk menambah dan mengasah pengetahuan peserta terkait sanitasi aman serta memberikan mereka informasi teknis tentang konstruksi bio-filter, termasuk bagaimana cara mengurangi permasalahan terkait keselamatan dan kesehatan kerja selama proses konstruksi.

Partisipan akan memulai konstruksi pada bulan Agustus ini dan diharapkan dapat selesai pada bulan Oktober 2019. USAID IUWAS PLUS akan mendukung organisasi masyarakat dalam memberikan sosialisasi bio-filter komunal kepada penerima manfaat dan anggota masyarakat lainnya. Setelah proses konstruksi telah selesai, USAID IUWASH PLUS juga akan memberikan pelatihan operasi dan pemeliharaan kepada organisasi masyarakat untuk meningkatkan keberlanjutan.

 

“Saat membangun saluran drainase dan jalan, masyarakat dengan mudah menerima, akan tetapi, saat akan dibangun sanitasi terkadang masyarakat enggan dan kadang menolak. Maka dari itu, sangat penting sosialisasi dan pengertian tentang penyadaran bersanitasi yang aman,” ujar Lalu Efendi Hidayat, Lurah Kelurahan Tanjungrejo.

Available in enEnglish (English)

Mitra