English Indonesia
Kamis, 25 Juli 2019

Pelatihan Promosi WASH Perkotaan yang Responsif Gender di Masohi, Maluku Tengah

Pelatihan Promosi WASH Perkotaan yang Responsif Gender di Masohi, Maluku Tengah

USAID IUWASH PLUS menyelenggarakan pelatihan pada promosi WASH yang responsif gender pada tanggal 16 hingga 17 Juli 2019 di Kota Masohi, Kelurahan Maluku Tengah.

Turut hadir dalam pelatihan tersebut sanitarian dan staf promosi kesehatan Puskesmas Masohi, tim monitoring dan evaluasi partisipatif dari lima kelurahan mitra USAID IUWASH PLUS, yaitu Kelurahan Namelo, Kelurahan Lesane, Kelurahan Namasina, dan Kelurahan Ampera.

Setelah mengikuti pelatihan ini, sanitarian dan tim monitoring dan evaluasi partisipatif merasa percaya diri untuk mempromosikan air minum, sanitasi, dan praktik higiene, terutama sanitasi aman, melalui kegiatan pengkajian partisipatif dan pemicuan yang responsif gender di masyarakat.

Puskesmas Kota Masohi juga akan mendukung kegiatan pengkajian partisipatif dan pemicuan yang responsif gender tersebut dengan menggunakan dana Bantuan Operasional Kesehatan (BOK), dimana sebanyak Rp 15 juta akan dianggarkan untuk kegiatan tersebut.

Selain itu, pemerintah kelurahan, sanitarian, dan kelompok swadaya masyarakat, dengan bantuan dari USAID IUWASH PLUS, akan melakukan pendataan untuk melakukan data rumah tangga penerima manfaat fasilitas sanitasi individu dan komunal yang dibangun oleh pemerintah kota menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) 2018.

Lima kelurahan, yaitu Kelurahan Namasina, Kelurahan Namaelo, Kelurahan Lesane, Kelurahan Ampera, dan Kelurahan Letwaru, berencana untuk menggunakan DAK Tahun 2020 untuk mendukung program-program WASH, diantaranya kegiatan pemicuan, peningkatan jumlah sambungan rumah untuk air bersih, dan mencuci tangan dengan sabun.

“Saya berharap kegiatan-kegiatan serupa bisa terus dilakukan dan semakin banyak para pengambil kebijakan yang peduli terhadap isu WASH.” ujar Abdul Wahid, Lurah Ampera.

Available in enEnglish (English)

Mitra