English Indonesia
Rabu, 10 Juli 2019

USAID IUWASH PLUS Presentasikan Hasil Kajian Kerentanan Mata Air Binangun Kepada Walikota Batu

USAID IUWASH PLUS Presentasikan Hasil Kajian Kerentanan Mata Air Binangun Kepada Walikota Batu

USAID IUWASH PLUS bersama dengan USAID APIK memaparkan hasil dari Kajian Kerentanan Mata Air dan Rencana Aksi (KKMA) untuk mata air Binangun serta sumur resapan Tlogorejo yang terletak di Kota Batu kepada Walikota setempat dalam pertemuan yang diselenggarakan oleh pemerintah kota di Kota Batu pada tanggal 1 Juli 2019.

Turut hadir dalam pertemuan tersebut Walikota Batu, Dewanti Rumpoko, Wakil Walikota Batu, Punjul Santoso, Kepala Unit Kerja Pemerintah Kota, Camat, serta perwakilan USAID IUWASH PLUS dan USAID APIK.

Pada pertemuan tersebut, pihak USAID IUWASH PLUS dan USAID APIK menjelaskan hasil dari KKMA serta semua rekomendasi bagi mata air Binangun. Hasil KKMA mengindikasikan adanya pengurangan debit air tanah yang mencapai angka 30 hingga 45 persen dan memperkirakan adanya pengurangan sebanyak 300 liter per detik menjadi 230 liter per detik di mata air tersebut.

Beberapa kegiatan yang dapat dilakukan untuk merestorasi dan menjaga mata air ini adalah konstruksi, promosi, dan menegakkan regulasi terkait sumur resapan dan tangki septik. Semua kegiatan tersebut diperkirakan mencapai anggaran hingga Rp12,7 miliar.

Pemaparan hasil tersebut mendapatkan respon yang sangat positif dari Walikota Batu. Walikota menginstruksikan semua kepala pemerintahan kota untuk mengoptimalkan program mereka merujuk pada rekomendasi KKMA.

Dinas Lingkungan Hidup Kota Batu juga akan mengoptimalkan penggunaan APBD untuk membangun sumur resapan dan memonitor kualitas dan kuantitas air, sebagaimana di rekomendasikan oleh KKMA. Saat ini Dinas Lingkungan Hidup telah mengalokasikan anggaran untuk membangun 20 sumur resapan setiap tahunnya.

“Terima kasih pada USAID APIK dan IUWASH PLUS atas bantuannya. KKMA Binangun ini merupakan kajian yang luar biasa dan dapat digunakan sebagai acuan untuk mata air lainnya yang ada di Kota Batu” ujar Walikota Batu seusai menerima secara simbolis Dokumen KKMA Binangun.

Bappelitbangda Kota Batu juga akan mendukung pemerintah kota dalam mengimplementasikan rekomendasi-rekomendasi yang diberikan ke dalam rencana kerja mereka. Program pengawasan mata air Binangun akan bersinergi dengan program SABER PUNGLI (Sapu Bersih Nyempung Kali) Kota Batu.

Available in enEnglish (English)

Mitra