English Indonesia
Senin, 1 Juli 2019

USAID IUWASH PLUS Meluncurkan Kemitraan USAID dan SECO untuk Meningkatkan Kinerja PDAM

USAID IUWASH PLUS Meluncurkan Kemitraan USAID dan SECO untuk Meningkatkan Kinerja PDAM

(26/06/2019). USAID IUWASH PLUS menyelenggarakan acara peluncuran kemitraan Pemerintah Indonesia, AS, dan Swiss melalui kemitraan USAID dan SECO untuk meningkatkan kinerja PDAM di Jawa Barat dan Jawa Tengah di Jakarta.

Melalui kemitraan ini, Pemerintah Swiss memberikan bantuan US$4,5 juta dari SECO untuk mendukung USAID IUWASH PLUS melaksanakan program penurunan air tidak berekening (NRW) dan peningkatan efisiensi energi di tujuh PDAM di Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Ketujuh PDAM tersebut adalah PDAM Kabupaten Karawang, PDAM Kota Depok, PDAM Kabupaten Bogor, PDAM Kota Magelang, PDAM Kota Surakarta, PDAM Kabupaten Sukoharjo, dan PDAM Kabupaten Magelang.

Acara ini dihadiri oleh Duta Besar AS, Duta Besar Swiss, Menteri Bappenas, Deputi Menteri Bappenas Bidang Pengembangan Regional, Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR, USAID Mission Director, Deputy Head of SECO, perwakilan Bappenas, Kementerian PUPR, USAID, SECO, wartawan, serta USAID IUWASH PLUS.

Acara ini diawali dengan sambutan Duta Besar Swiss, Kurt Kunz, dan Duta Besar AS, Joseph R. Donovan Jr.

Dalam sambutannya Duta Besar Swiss, Kurt Kunz, menjelaskan, “PDAM sering mengalami tingkat kehilangan air yang tinggi. Beberapa PDAM yang akan menjadi mitra kami juga kehilangan sepertiga dari total produksi air mereka. Kontribusi Pemerintah Swiss diharapkan dapat membantu PDAM memperluas dan meningkatkan pelayanannya, meningkatkan kinerja keuangan, dan mengurangi konsumsi energi.”

“Kami salut terhadap komitmen dan antusiasme ketujuh PDAM untuk berkontribusi terhadap keberhasilan program yang berharga ini. Jika sudah dilaksanakan, kami paham bahawa program ini akan diperbesar oleh Kementerian PUPR sehingga bermanfaat bagi lebih banyak penduduk di Indonesia,” ujar Duta Besar AS, Joseph R. Donovan Jr.

Sambutan para duta besar tersebut diikuti dengan penandatanganan surat komitmen oleh perwakilan tujuh pemerintah daerah untuk menunjukkan komitmen mereka untuk sepenuhnya mendukung program penurunan NRW dan peningkatan efisiensi energi di wilayah mereka masing-masing.

Di akhir acara, Menteri Bappenas, Bambang Brodjonegoro, memberikan sambutan penutup. Dalam sambutannya, Menteri Bappenas memberikan apresiasi atas bantuan Pemerintah AS dan Pemerintah Swiss untuk meningkatkan kapasitas PDAM untuk meningkatkan dan memperluas pelayanannya kepada lebih banyak penduduk Indonesia.

“Program penurunan NRW dan peningkatan efisiensi energi sangat penting bagi PDA karena inefisiensi dapat berdampak buruk terhadap kemampuan PDAM untuk mempeluas dan meningkatkan akses air minum. Saya menantikan model ini untuk mencapai tujuan kita untuk menyediakan 10 juta sambungan rumah di lima tahun ke depan,” ujar Menteri Bappenas.

Ke depan, bantuan teknis dari USAID IUWASH PLUS dalam penurunan NRW dan peningkatan efisiensi energi diharapkan dapat disinergiskan dengan program National Urban Water Supply Program (NUWSP) yang memungkinkan PDAM dapat mengakses paket keuangan yang disediakan NUWSP.

Available in enEnglish (English)

Mitra