English Indonesia
Senin, 20 Mei 2019

Pemerintah Kabupaten Magelang Diskusikan Program Pembangunan Air Minum dan Sanitasi

Pemerintah Kabupaten Magelang Diskusikan Program Pembangunan Air Minum dan Sanitasi

(15/05/2019) Bappeda dan Litbangda Kabupaten Magelang, dengan dukungan USAID IUWASH PLUS, melakukan diskusi terpumpun untuk mengevaluasi pelaksanaan program air minum dan sanitasi 2018 dan mengoordinasi program air minum dan sanitasi 2019 di Kabupaten Magelang.

Sekitar 25 anggota tim Pokja AMPL Kabupaten Magelang berpartisipasi dalam diskusi terpumpun ini.

Dalam diskusi ini, Kepala Bidang Fispra Bappeda dan Litbangda Kabupaten Magelang, Didik K Sofian menjelaskan bahwa hingga 2018, cakupan sanitasi layak di Kabupaten Magelang adalah 86,29% dan cakupan air minumnya mencapai 86,79%.

Untuk meningkatkan pembangunan air minum dan sanitasi di Kabupaten Magelang, peserta menyarankan perlunya koordinasi untuk memaksimalkan penggunaan dana CSR untuk menambah akses air minum dan sanitasi.

Selain itu, Dana Desa juga perlu diarahkan untuk pembangunan air minum dan sanitasi khususnya di desa yang akses air minum dan sanitasinya masih kecil.

Dokumen perencanaan dan penganggaran mulai dari RPJMD Kabupaten hingga Desa perlu disinkronkan sehingga ada capaian signifikan terhadap pembangunan air minum dan sanitasi di Kabupaten Magelang.

“Kami menyadari bahwa pelayanan air minum dan sanitasi Kabupaten Magelang belum optimal sehingga kami masukkan program terkait air minum dan sanitasi ke dalam draft RPJMD 2019-2024,” ujar Didik K Sofian.

Di akhir acara, para peserta menyepakati rencana tindak lanjut yang berisi (1) tim Pokja AMPL membuat grup komunikasi; (2) tim Pokja AMPL melakukan pertemuan bulanan; (3) setiap anggota tim Pokja AMPL yang berasal dari organisasi pelaksana daerah bertugas memastikan bahwa program air minum, sanitasi, dan perilaku higiene dilaksanakan; (4) tim Pokja AMPL memastikan keberlanjutan tim monitoring dan evaluasi partisipatif yang dibentuk dengan dukungan USAID IUWASH PLUS; (5) tim Pokja AMPL memonitor proses pembangunan instalasi pengolahan lumpur tinja termasuk kelembagaan pengelolaan air limbah domestik di Kabupaten Magelang.

Available in enEnglish (English)

Mitra