English Indonesia
Rabu, 8 Mei 2019

Pengurus KPP SPALDS 2018 di Kelurahan Rejowingangun Selatan, Kota Magelang Dibentuk dan Dilantik

Pengurus KPP SPALDS 2018 di Kelurahan Rejowingangun Selatan, Kota Magelang Dibentuk dan Dilantik

Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (PKP) Kota Magelang, dengan dukungan USAID IUWASH PLUS, membentuk dan melantik Kelompok Pengelola dan Pengguna (KPP) SPALDS yang dibangun Dinas PKP tahun 2018 di RW 5, 13, dan 15, Kelurahan Rejowinangun Selatan, Kota Magelang.

Kegiatan tersebut dilakukan melalui pertemuan masyarakat yang diselenggarakan di Balai Kelurahan Rejowinangun Selatan, Kota Magelang pada 29 April 2019.

Dalam pertemuan ini, tiga KPP dibentuk dan dilantik, yaitu KPP Bersatu Padu di RW 5, KPP Hardjodipuran Bersih di RW 13, dan KPP Singosari Bersih di RW 15. Mereka bertanggung jawab atas pemeliharaan dan operasional SPALDS.

Kegiatan ini dilanjutkan dengan presentasi rencana kerja setiap KPP. Misal, KPP Harjodipuran di RW 13 akan melakukan pertemuan rutin setiap tanggal 28 untuk membahas isu terkait pemeliharaan dan operasional SPALDS, seperti melengkapi AD/ART, laporan kegiatan, dan menyusun rencana kerja. Lebih lanjut, KPP Harjodipuran dan pengguna SPALDS di RW 13 sepakat untuk iuran Rp7.000 per bulan untuk membiayai pemeliharaan SPALDS.

Selain KPP Harjodipuran, Ketua KPP Bersatu Padu, Nanik Hartati, melihat sejak ada SPALDS, masyarakat tidak lagi membuang air limbah domestik dari WC ke selokan sehingga lingkungan menjadi bersih dan tidak bau.

“Saya harap ke depan pemerintah bisa menyiapkan fasilitas penyedotan yang bisa diakses di masyarakat yang tinggal dalam kampung karena [lingkungan] saya ada di jalan sempit, jauh dari jalan raya,” ujar Nanik Hartati.

Sekitar 45 orang, yang terdiri dari penerima manfaat, Lurah Rejowinangun Selatan, Dinas PKP, Lembaga Keswadayaan Masyarakat, tokoh masyarakat di RW 5, 13, dan 15, serta USAID IUWASH PLUS hadir dalam pertemuan masyarakat ini.

Pembentukan dan pelantikan KPP ini merupakan kelanjutan dari pelatihan pemeliharaan dan operasional SPALDS yang dilakukan USAID IUWASH PLUS pada Maret 20-22, 2019. Pelatihan itu bertujuan meningkatkan kapasitas penerima manfaat dan masyarakat untuk menjaga kebelanjutan SPALDS, termasuk mendiskusikan pembentukan KPP.

Tahun 2018, Dinas PKP membangun 14 unit SPALDS di RW 5, 13, dan 15, Kelurahan Rejowinangun Selatan menggunakan Dana Alokasi Khusus. Setiap unit SPALDS tersebut mempunyai kapasitas lima sambungan rumah.

Available in enEnglish (English)

Mitra