English Indonesia
Selasa, 30 April 2019

Ngobrolin Air Minum, Sanitasi, dan Praktik Higiene Bersama Walikota Depok

Ngobrolin Air Minum, Sanitasi, dan Praktik Higiene Bersama Walikota Depok

Walikota Depok, Mohammad Idris, bersama para pemangku kepentingan di Kota Depok mendiskusikan isu air minum, sanitasi, dan praktik higiene di acara NGOBRASH SAWALI (Ngobrolin Air Minum, Sanitasi, dan Higiene Bersama Walikota) di Kota Depok, pada 23 April 2019.

NGOBRASH SAWALI ini diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Depok bersama dengan USAID IUWASH PLUS . Kegiatan ini merupakan langkah akhir siklus monitoring dan evaluasi partisipatif pertama yang telah dilakukan oleh tim monitoring dan evaluasi partisipatif Kelurahan Abadi Jaya dan Depok di wilayah mereka masing-masing sejak November 2018.

Tim monitoring dan evaluasi partisipatif ini beranggotakan kader (masyarakat) yang telah mendapat pelatihan monitoring dan evaluasi partisipatif.

Di awal acara, Walikota Depok menyaksikan Lenong Opera Van Depok yang dimainkan oleh tim monitoring dan evaluasi partisipatif. Lenong ini menceritakan tentang kebiasaan air minum, sanitasi, dan praktik higiene masyarakat, upaya-upaya yang telah dilakukan oleh tim monitoring dan evaluasi partisipatif untuk meningkatkan akses air minum, sanitasi, dan praktik higiene di wilayah mereka masing-masing, perkembangannya, dan rencana ke depan.

“Kegiatan ini sungguh luar biasa. Kader-kader ini sangat hebat. Saya mendukung apa rencana mereka ke depan,” ujar Walikota Depok.

Selain mendapat apresiasi dari Walikota Depok, NGOBRASH SAWALI juga menghasilkan beberapa poin penting, antara lain (1) program diskon 50% untuk sambungan baru PDAM Tirta Asasta Kota Depok diperpanjang hingga Mei 2019; (2) Walikota akan membantu pembangunan tangki septik menggunakan dana pusat dan daerah; (3) MUI/BAZNAS Kota Depok akan membantu dana operasional kegiatan tim monitoring dan partisipatif Kelurahan Abadi Jaya dan Depok, masing-masing sebesar Rp10 juta; (4) Walikota dan AKKOPSI akan membantu tim monitoring dan partisipatif menghadiri sanitation summit di Banjarmasin; (5) tim monitoring dan evaluasi partisipatif dengan dukungan dinas terkait dan USAID IUWASH PLUS berencana menjalin kemitraan CSR dengan Bank Jabar untuk meningkatkan akses air minum, sanitasi, dan praktik higiene; dan (6) PDAM akan meminta tim monitoring dan evaluasi partisipatif mempromosikan sambungan PDAM melalui lenong.

NGOBRASH SAWALI dihadiri sekitar 150 orang, termasuk Walikota Depok, Camat Pancoran Mas, Lurah Abadi Jaya, Lurah Depok, perwakilan Bappeda, PDAM, AKKOPSI, Bank Jabar, Dinrumkim, Dinas Kesehatan, MUI/BAZNAS, tokoh masyarakat, dan kader.

Hingga 26 April 2019, 27 pertemuan multi-pihak untuk membahas isu air minum, sanitasi, dan praktik higiene telah dilaksanakan di 27 kabupaten/kota mitra USAID IUWASH PLUS.

Available in enEnglish (English)

Mitra