English Indonesia
Selasa, 2 April 2019

Lokakarya Pembiayaan Alternatif SPAM Melalui Skema Dana Bergulir di Kota Surakarta

Lokakarya Pembiayaan Alternatif SPAM Melalui Skema Dana Bergulir di Kota Surakarta

(28/03/2019), DPD PERPAMSI (Dewan Pengurus Daerah Persatuan Perusahaan Air Minum Seluruh Indonesia) Jawa Tengah bekerja sama dengan USAID IUWASH PLUS menyelenggarakan lokakarya pembiayaan SPAM (Sistem Penyediaan Air Minum) melalui skema dana bergulir di Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Lokakarya ini bertujuan mengenalkan konsep dana bergulir yang dikembangkan oleh USAID IUWASH PLUS kepada pemerintah daerah dan PDAM di provinsi Jawa Tengah sebagai lokasi percontohan, serta untuk menilai respon pemerintah daerah dan PDAM terhadap program dana bergulir. Provinsi Jawa Tengah dipilih sebagai lokasi percontohan untuk program dana bergulir berdasarkan beberapa aspek, termasuk respon positif Bank Jateng untuk mengelola produk tersebut.

Dana bergulir merupakan sumber pendanaan alternatif bagi PDAM untuk meningkatkan layanan dan cakupannya untuk mencapai cakupan 100% seperti yang dimandatkan oleh kebijakan nasional. Melalui skema dana bergulir, pemerintah daerah menaruh uang di bank dan PDAM menggunakannya untuk membiayai investasinya. Bunga rendah dan periode pembayaran yang lebih panjang akan menjadi fitur utama produk ini. Proses untuk mengakses dana bergulir juga akan sama dengan prosedur peminjaman lainnya, yaitu kelayakan proyek yang akan dibiayai menjadi syarat utama yang diminta oleh bank.

Kegiatan ini menghasilkan hal positif di mana semua peserta menunjukkan dukungannya terhadap program dana berguilir. Masukan kunci terhadap konsep ini meliputi (1) pemerintah daerah perlu peraturan spesifik untuk melaksanakan dana bergulir dengan menaruh uang untuk produk dana bergulir, dan (2) sosialisasi langsung tentang dana bergulir kepada kepala daerah perlu dilakukan untuk mendapat persetujuan pemerintah daerah terhadap program dana bergulir.

“Kami harap dana bergulir bisa menjadi sebuah terobosan baru untuk meningkatkan kinerja PDAM,” ujar Samino, Ketua DPD PERPAMSI Jawa Tengah.

Lokakarya ini dihadiri oleh sekitar 26 orang yang mewakili Bappeda, Bagian Ekonomi pemerintah daerah di Korwil Surakarta, yang meliputi Surakarta, Sragen, Klaten, Karanganyar, Sukoharjo, Boyolali, dan Wonogiri, serta PDAM di wilayah ini.

Available in enEnglish (English)

Mitra