English Indonesia
Selasa, 26 Maret 2019

USAID IUWASH PLUS dan CCFI Gelar Perayaan Hari Air Sedunia 2019 di Surabaya

USAID IUWASH PLUS dan CCFI Gelar Perayaan Hari Air Sedunia 2019 di Surabaya

USAID IUWASH PLUS dan Coca-Cola Foundation (CCFI) menggelar perayaan Hari Air Sedunia 2019 di Surabaya pada tanggal 22 Maret 2019. Kegiatan ini terdiri dari coffee morning, peresmian pembangunan master meter, dan diskusi media.

Hadir dalam acara ini USAID Mission Director, Erin McKee; Direktur Perkotaan, Perumahan, dan Permukiman Bappenas, Tri Dewi Virgiyanti; Konsul Jenderal AS di Surabaya, Mark McGovern; Direktur Pelayanan PDAM Surabaya, Anizar Firmadi; Ketua Pelaksana CCFI, Titie Sadarini; warga Jl. Semarang, Kelurahan Bubutan; wartawan media lokal dan nasional; serta tim USAID dan USAID IUWASH PLUS.

Saat coffee morning, USAID Mission Director, Erin McKee, menyerahkan hadiah kepada  Siti Ngaisah, Pemenang Utama Lomba Foto dan Cerita dalam rangka Hari Air Sedunia 2019 yang diselenggarakan oleh USAID IUWASH PLUS.

Melanjutkan coffe morning, USAID Mission Director, Direktur Perkotaan, Perumahan, dan Permukiman Bappenas, Konsul Jenderal AS di Surabaya, Direktur Pelayanan PDAM Surabaya, dan Ketua Pelaksana CCFI, meresmikan pembangunan sistem master meter di Jl. Semarang di Kelurahan Bubutan, Surabaya. Sistem master meter tersebut dibangun melalui kemitraan multipihak antara PDAM Surabaya, USAID IUWASH PLUS, dan CCFI.

“Air bagi Coca-Cola adalah prioritas utama karena secara business operasional, air digunakan bahan baku utama, selain itu ketersediaan air bagi masyarakat menjadi agenda utama keberlanjutan usaha kami, sehingga air menjadi salah satu pilar utama di setiap kegiatan, termasuk sosial and sustainability Coca-Cola,” ujar Titie Sadarini.

Selain di Kelurahan Bubutan, CCFI juga mendukung pembangunan sistem master meter di 10 kelurahan lainnya di Surabaya. Kemitraan dengan CCFI ini menjadi kemitraan multipihak terbesar untuk program master meter di Surabaya yang difasilitasi oleh USAID IUWASH PLUS.

Selain dengan CCFI, USAID IUWASH PLUS memfasilitasi PDAM Surabaya untuk menjalin kemitraan dengan beberapa perusahaan sejak 2018. Kemitraan ini akan membangun 30 master meter dengan 1.200 sambungan rumah untuk melayani 6.000 penduduk.

“Saat ini cakupan PDAM Surabaya sudah mencapai 98%. Saya harap master meter ini akan membantu kami mencapai cakupan 100%,” ujar Direktur Pelayanan PDAM Surabaya, Anizar Firmadi.

Sementara itu, USAID Mission Director, Erin McKee, mengatakan “Melalui program IUWASH PLUS, USAID akan terus mendukung pemerintah Indonesia dalam perencanaan, implementasi, dan pendanaan akses air bersih di perkotaan, termasuk 2% penduduk Surabaya yang masih perlu akses terhadap air perpipaan.”

Menutup perayaan Hari Air Sedunia 2019, sejumlah wartawan dari media lokal dan nasional mengikuti diskusi media tentang Hari Air Sedunia dan program master meter di Surabaya.

Available in enEnglish (English)

Mitra