English Indonesia
Senin, 18 Maret 2019

Berbagi Pengalaman tentang Kemitraan CSR untuk Program Sumur Resapan di Ternate dan Master Meter di Surabaya

Berbagi Pengalaman tentang Kemitraan CSR untuk Program Sumur Resapan di Ternate dan Master Meter di Surabaya

USAID IUWASH PLUS dan PT Laneige berbagi pengalaman mereka menjalin kemitraan untuk program sumur resapan di Ternate dan master meter di Surabaya dalam forum kemitraan ke-40 yang diselenggarakan oleh CCPHI, SPEAK, PT Laneige, dengan dukungan USAID IUWASH PLUS, pada tanggal 14 Maret, 2019 di Jakarta.

Tema forum kemitraan ke-40 ini adalah ‘Menuju Akses Air Minum Aman untuk Semua’.

Sekitar 60 orang, yang terdiri dari perwakilan perusahaan, organisasi filantrofi, dan mitra pembangunan, berpartisipasi dalam diskusi ini.

Selama diskusi, peserta belajar bahwa kualitas air minum yang buruk akan mempengaruhi kualitas manusia, dan nantinya berdampak pada kinerja perusahaan. Mereka juga belajar tentang sejumlah kemitraan CSR untuk sektor WASH yang telah berhasil dibantu oleh USAID IUWASH PLUS.

Kemitraan tersebut antara lain kemitraan antara PT Laneige, Bappeda Kota Ternate, dan sejumlah badan usaha lokal dan nasional untuk program sumur resapan, serta kemitraan antara PT Laneige dan PDAM Surya Sembada untuk program master meter di Surabaya.

Selain itu, peserta juga mendapat wawasan dari PT Laneige tentang pengalaman dan pembelajaran kemitraan CSR-nya untuk program WASH. PT Laneige menjelaskan bahwa kunci keberhasilan suatu kemitraan adalah kapasitas perusahaan yang cukup untuk menjalankan kemitraan dan mitra yang dapat diandalkan.

Seluruh peserta sangat mengapresiasi diskusi ini dan mereka sangat tertarik untuk belajar lebih lanjut tentang kemitraan CSR yang didukung oleh USAID IUWAS PLUS. Acara ini menginspirasi peserta untuk menjalin kemitraan untuk mendukung pembangunan WASH.

“Kerja sama multipihak dapat membawa dampak yang besar dan bermanfaat bagi masyarakat,” ujar Chales Ham, peserta dari Hope Worldwide Indonesia.

Forum kemitraan merupakan diskusi tiga bulanan yang diselenggarakan oleh CCPHI—organisasi nirlaba yang mempromosikan dan memfasilitasi kemitraan antara perusahaan, LSM, dan pemerintah daerah untuk mencapai masyarakat yang sehat dan berkelanjutan.

Forum kemitraan memberikan kesempatan bagi anggotanya, yang terdiri dari sektor swasta, LSM, dan mitra pembangunan, untuk berbagi pengalaman terkait dengan kemitraan.

Available in enEnglish (English)

Mitra