English Indonesia
Kamis, 14 Maret 2019

Tim Penggerak PKK Kabupaten Gresik Mengikuti Sosialisasi Perda Pengelolaan Air Limbah Domestik dan Perda Retribusi Penyediaan dan/atau Penyedotan Limbah Kakus

Tim Penggerak PKK Kabupaten Gresik Mengikuti Sosialisasi Perda Pengelolaan Air Limbah Domestik dan Perda Retribusi Penyediaan dan/atau Penyedotan Limbah Kakus

Selasa (15/03/2019), sekitar 120 anggota Tim Penggerak PKK dan Dharma Wanita Kabupaten Gresik mengikuti sosialisasi peraturan daerah tentang pengelolaan air limbah domestik dan peraturan daerah tentang retribusi penyediaan dan/atau penyedotan limbah kakus di Gedung Mijil, Kabupaten Gresik.

Acara sosialisasi ini diselenggarakan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten Gresik dan Tim Penggerak PKK Kabupaten Gresik, dengan dukungan USAID IUWASH PLUS.

Sosialisasi ini bertujuan menyebarluaskan Peraturan Daerah No 9/2018 tentang Pengelolaan Air Limbah Domestik dan Peraturan Daerah No 13/2018 tentang Retribusi Penyediaan dan/atau Penyedotan Limbah Kakus.

Kedua peraturan ini mendukung program PUDAK AYU (Penyedotan Lumpur Tinja Domestik Secara Sistematis dan Kontinyu) yang sedang dikembangkan oleh UPT PAL (Unit Pelaksana Teknis Pengelolaan Air Limbah) Kabupaten Gresik.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Gresik dan istri Bupati Gresik, Maria Ulfa Sambari, yang juga turut hadir dalam kegiatan ini sangat mendukung program layanan lumpur tinja terjadwal.

“Layanan lumpur tinja terjadwal sangat penting untuk [menjaga] kesehatan lingkungan,” ujar Maria Ulfa Sambari.
Untuk memudahkan para peserta bertanya bertanya kepada moderator dan pembicara, kegiatan sosialisasi ini juga dilakukan secara online menggunakan aplikasi Sli.do. Aplikasi ini membantu peserta bertanya dan mendapat jawaban dari moderator secara online menggunakan ponsel pintar.

Para peserta sangat antusias dengan materi yang disampaikan dalam sosialisasi ini. Topik yang paling banyak ditanyakan oleh para peserta antara lain biaya retribusi sedot kakus, cara menghubungi UPT PAL jika ingin melakukan sedot kakus, dan cara melibatkan UPT PAL untuk melakukan sosialiasi program PUDAK AYU.

Masyarakat di Kabupaten Gresik dapat menghubungi hotline pelayanan pelanggan UPT PAL di nomor 081234000518 jika ingin melakukan sedot kakus.

“Saya harap akan ada kolaborasi antara UPT PAL dan tim PKK untuk mensosialisasikan [program ini] untuk [menciptakan] lingkungan sehat,” ujar Maria Ulfa Sambari.

Available in enEnglish (English)

Mitra