English Indonesia
Senin, 21 Januari 2019

KPP IPAL Komunal Tahun 2017 di Lumajang Ikuti Pelatihan Operasional dan Pemeliharaan

KPP IPAL Komunal Tahun 2017 di Lumajang Ikuti Pelatihan Operasional dan Pemeliharaan

Kelompok Pengguna dan Pemelihara (KPP) IPAL Komunal, yang dibangun tahun 2017 oleh Dinas PUTR Kabupaten Lumajang, mengikuti pelatihan operasional dan pemeliharaan IPAL Komunal yang diselenggarakan oleh Dinas PUTR bersama USAID IUWASH PLUS pada tanggal 16 Januari 2019 di Hotel Aby, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Sekitar 25 orang yang terdiri dari pengurus KPP, Asosiasi BPSPAMS Kabupaten Lumajang, dan staf UPTD Pengelolaan Air Limbah Domestik mengikuti pelatihan operasional dan pemeliharaan IPAL Komunal ini.

Selama pelatihan tersebut, para peserta berbagi pengalaman tentang operasional IPAL Komunal dan mendiskusikan tantangan serta solusinya. Salah satu masalah yang sering ditemui adalah IPAL Komunal membuat lingkungan sekitar bau dan IPAL yang tersumbat scum (lemak). Masalah ini dapat diatasi dengan pemeliharaan IPAL Komunal secara rutin.

Selain itu, para peserta juga belajar tentang pentingnya penyedotan tinja terjadwal dan iuran dari pengguna untuk membiayai operasional dan pemeliharaan IPAL Komunal.

Para peserta mengatakan bahwa mereka belajar banyak pelatihan ini, terutama berkaitan dengan tugas KPP untuk menjaga IPAL Komunal tetap berfungsi dengan baik.

“Setelah ini, saya akan menggiatkan iuran bagi para pengguna IPAL Komunal di tempat saya agar IPAL tersebut berfungsi baik,” ujar Siti Nurfaiyah, salah satu pengurus KPP.

Pada tahun 2017, Dinas PUTR membangun 10 IPAL Komunal dengan kapasitas masing-masing 60-75 rumah menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK). Hingga saat ini, sekitar 70-80% kapasitas setiap IPAL Komunal telah digunakan.

Available in enEnglish (English)

Mitra