English Indonesia
Selasa, 27 November 2018

Pemkot Ternate Apresiasi Kemitraan CSR untuk Pembangunan Sumur Resapan

Pemkot Ternate Apresiasi Kemitraan CSR untuk Pembangunan Sumur Resapan

Pemerintah Kota Ternate sangat mengapresiasi dukungan perusahaan  kepada pemerintah Kota Ternate yang diberikan melalui kemitraan CSR (Corporate Social Responsibility) untuk membangun sumur resapan daerah delineasi tangkapan mata air Ake Gaale.

Hal ini disampaikan oleh Bambang Maradjabessy, Ketua Tim Kerja CSR untuk sektor air minum dan sanitasi, di acara Pertemuan Makan Malam Forum CSR Kota Ternate di Rumah Makan Royal Kota Ternate, pada 22 November 2018.

Pembangunan sumur resapan di daerah  delineasi tangkapan mata air Ake Gaale ini merupakan rekomendasi USAID IUWASH PLUS melalui program KKMA (Kajian Kerentanan Mata Air) untuk mengembalikan debit air dan kualitas mata air tersebut.

Mata air Ake Gaale merupakan sumber air baku utama PDAM Ternate. Beberapa tahun terakhir, debit mata air Ake Gaale menurun dan airnya berubah menjadi payau karena intrusi air laut. Situasi ini membuat PDAM Ternate harus mengurangi produksinya.

Bambang, yang juga merupakan Kepala Bidang Sarana dan Prasarana, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Ternate, menjelaskan bahwa pemerintah Kota Ternate, dengan bantuan USAID IUWASH PLUS, telah menjalin kemitraan CSR dengan sejumlah perusahaan sejak November 2017 untuk membangun sumur resapan di daerah delineasi tangkapan mata air Ake Gaale.

“Hingga saat ini sudah ada 86 sumur resapan yang dibangun melalui kemitraan CSR dengan Bank Indonesia, BPBD, BMPD, BPRS Bahari Berkesan, dan PT Laniege. Jumlah ini sebenarnya masih jauh dari target pemerintah Kota Ternate, yaitu 1,000 sumur resapan,” ujar Bambang.

Meskipun demikian, beberapa masyarakat melaporkan beberapa perubahan yang terjadi di kolam retensi mata air Ake Gaale setelah sumur resapan tersebut dibangun.

“Sejak ada sumur resapan, kolam retensi mata air Ake Gaale di Kelurahan Sangaji yang dulunya kering sekarang sudah ada airnya. Bahkan, sekarang sudah ada ikan yang hidup di kolam tersebut,” ujar Alwan, Ketua Save Ake Gaale.

“Pertemuan ini menyadarkan kami tentang potensi krisis air di Ternate dan manfaat sumur resapan untuk mengatasi masalah tersebut. Untuk itu, kami akan membangun 300 sumur resapan [senilai lebih dari Rp1 milyar] dengan APBD 2019,” ujar Kepala Bappeda Kota Ternate, Said Assegaf.

PT PLN juga ingin membantu pembangunan 100 sumur resapan. Selain itu, PT Pelindo dan Bank Syariah Mandiri juga akan membantu pembangunan sumur resapan.

Pertemuan makan malam forum CSR ini dihadiri oleh 21 peserta, termasuk Asisten II Kota Ternate, Bappeda, perwakilan perusahaan swasta, dan tokoh masyarakat.

 

Available in enEnglish (English)

Mitra