English Indonesia
Rabu, 7 November 2018

Diskusi Perjanjian Kerja Sama BPR Magelang dan Dinas Perkim Kota Magelang tentang Pembiayaan Mikro Sanitasi

Diskusi Perjanjian Kerja Sama BPR Magelang dan Dinas Perkim Kota Magelang tentang Pembiayaan Mikro Sanitasi

USAID IUWASH PLUS mendukung Dinas Perumahan dan Permukiman (Dinas Perkim) Kota Magelang untuk membahas rancangan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Dinas Perkim dan BPR Magelang tentang pembiayaan mikro sanitasi di Kota Magelang pada tanggal 1 November 2018.

Sebagai bagian dari upaya Dinas Perkim untuk meningkatkan akses sanitasi masyarakat, Dinas Perkim telah membangun SPALDS dan SPALDT bagi masyarakat miskin. Pembangunan SPALDS dan SPALDT ini telah dimulai masing-masing pada tahun 2017 dan 2010, menggunakan DAK dan bantuan provinsi. Hingga saat ini, ada 90 SPALDS dan 35 SPALDT yang sudah dibangun Dinas Perkim menggunakan dua sumber dana tersebut.

Namun, berdasarkan petunjuk teknis penggunaan dana tersebut, Dinas Perkim hanya diizinkan membiayai pembangunan instalasi dan jaringan perpipaan, dan penerima manfaat harus membiayai pembangunan sambungan rumahnya.

Sayangnya, sebagian penerima manfaat, terutama yang termasuk dalam kelompok masyarakat berpenghasilan rendah, tidak mampu membangun sambungan rumah senilai Rp500 ribu/unit. Oleh karena itu, pembiayaan mikro sanitasi akan menjadi sumber pendanaan bagi masyarakat miskin untuk membangun sambungan rumah.

Dinas Perkim memutuskan untuk bekerja sama dengan BPR Magelang karena lembaga keuangan mikro ini telah mempunyai produk kredit air minum dan sanitasi, serta telah bekerja sama dengan PDAM Kota Magelang untuk kredit air minum.

Selama diskusi tentang PKS, Dinas Perkim dan BPR Magelang, didukung oleh USAID IUWASH PLUS, membahas isu-isu kunci yang perlu dimasukkan dalam perjanjian tersebut. Salah satunya adalah Dinas Perkim berhak menerima data dari BPR Magelang tentang masyarakat yang menerima pembiayaan mikro. Melalui diskusi ini, Dinas Perkim dan BPR Magelang menyepakati rancangan PKS tersebut.

“Saya harap, melalui perjanjian kerja sama ini, BPR Magelang berkontribusi untuk menyukseskan program 100-0-100 di Kota Magelang, “ujar Hery Nurjianto, Direktur Utama BPR Magelang.

Sebagai tindak lanjut, Biro Kerja Sama Kota Magelang akan berkonsultasi dengan Biro Hukum tentang rancangan PKS tersebut sebelum ditandatangani oleh Kepala Dinas Perkim dan Direktur BPR Magelang.

USAID IUWASH PLUS akan lebih mempromosikan produk pembiayaan mikro ini kepada masyarakat setelah PKS disetujui dan ditandatangani.

Para peserta serius mengikuti diskusi perjanjian kerja sama antara Dinas Perkim Kota Magelang dan BPRS Magelang.

Available in enEnglish (English)

Mitra