English Indonesia
Selasa, 9 Oktober 2018

Pelatihan untuk Membantu Replikasi Layanan Lumpur Tinja Terjadwal

Pelatihan untuk Membantu Replikasi Layanan Lumpur Tinja Terjadwal

Untuk mendukung replikasi Layanan Lumpur Tinja Terjadwal (LLTT) ke seluruh Indonesia, USAID IUWASH PLUS membantu Balai Teknik Penyehatan dan Teknik Lingkungan (BTPTL) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR) untuk melakukan pelatihan LLTT di Kabupaten Gresik pada tanggal 25 September- 4 Oktober, 2018.

Pelatihan ini dihadiri oleh 16 peserta yang mewakili Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Perumahan dan Permukiman, dan Sekretariat Daerah, Bappeda, dan Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah dari lima kabupaten/kota. Kelima kabupaten kota tersebut adalah Kota Bitung, Kabupaten Sidoarjo, Kota Depok, Kabupaten Lumajang, dan Kota Jambi.

Pelatihan ini difasilitasi oleh tujuh pelatih nasional yang berasal dari KemenPUPR dan UPTD dan telah menyelesaikan ToT LLTT, dua trainer KemenPUPR, dan satu konsultan. Selama delapan hari pelatihan, para trainer menggunakan 18 modul LLTT yang dibuat oleh USAID IUWASH PLUS dan KemenPUPR untuk mengajar di kelas tentang berbagai topik terkait LLTT seperti, prosedur dan peraturan LLTT, pelaksanaan LLTT, dan advokasi.

Selain itu, peserta melakukan kunjungan lapangan satu hari untuk melihat Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPLT) yang dikelola UPTD Pengolahan Air Limbah Domestik (PALD) di Kabupaten Gresik dan mengamati proses sedot tinja di salah satu rumah calon pelanggan LLTT.

Pada hari yang sama, peserta juga praktik melakukan survei calon pelanggan menggunakan aplikasi Android. Kemudian, mereka mempunya satu hari untuk membuat strategi dan rencana pelaksanaan LLTT di kabupaten/kota masing-masing.

“Pelatihan LLTT ini merupakan langkah inovatif dari kementerian pupr karena dibandingkan dengan kami (UPTD, red) tahap pertama yang menerapkan LLTT, para peserta pelatihan LLTT ini diberikan pengetahuan yang sangat komprehensive dalam implementasi LLTT termasuk tips dan triknya” , ujar Ibu Uliyani, salah satu pelatih.

Untuk mendukung replikasi LLTT, KemenPUPR akan menyempurnakan modul dan menganggarkan dana APBN 2019 untuk melakukan lebih banyak pelatihan LLTT. USAID IUWASH PLUS akan terus mendukung pemerintah pusat untuk menyempurnakan modul LLTT dan mereplikasi pelatihannya.

Trainer dari UPTD PALD Kota Bekasi, Andre Sucipto, menjelaskan tentang pelaksanaan LLTT.

Available in enEnglish (English)

Mitra