English Indonesia
Kamis, 30 Agustus 2018

Peresmian Pembangunan Master Meter di Kampung Wonosari, Surabaya

Peresmian Pembangunan Master Meter di Kampung Wonosari, Surabaya

USAID IUWASH PLUS bekerja sama dengan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Surabaya dan Pundi Amal SCTV meresmikan pembangunan Master Meter, sistem air minum komunal, di Kampung Wonosari, Kelurahan Pegirian, Kota Surabaya, Jawa Timur, pada tanggal 20 Agustus 2018.

Master Meter tersebut akan dibangun untuk menyediakan akses air minum aman bagi 25 KK miskin di Kampung Wonosari. Pembangunan ini didukung oleh Pundi Amal SCTV sebagai yayasan yang mengelola program Corporate Social Responsibility (CSR) PT. Surya Citra Media Tbk, PDAM Kota Surabaya, USAID IUWASH PLUS melalui kegiatan komponen Local Sustainability and Innovation Component (LSIC), YISI (Yayasan Investasi Sosial Indonesia – Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang fokus pada investasi sosial di Indonesia). Melalui kegiatan LSIC USAID IUWASH PLUS, YISI dipilih untuk membantu masyarakat Kampung Wonosari untuk membangun dan mengelola Master Meter.

Sekitar 50 orang yang mewakili Pundi Amal SCTV, PDAM Kota Surabaya, USAID IUWASH PLUS, YISI, tokoh masyarakat, dan Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) yang akan mengelola Master Meter menghadiri peresmian pembangunan Master Meter di Kampung Wonosari.

Kegiatan ini diawali dengan dialog tentang situasi akses air saat ini di Kampung Wonosari. Mustari, salah seorang tokoh masyarakat mengatakan bahwa air tidak dapat diakses dengan mudah di kampung ini. Masyarakat harus mengeluarkan uang lebih dari Rp 60 ribu per bulan untuk membeli air.

Menanggapi pernyataan Mustari, Direktur Pundi Amal SCTV, Imam Sudjarwo mengatakan bahwa Pundi Amal SCTV terpanggil untuk bekerja sama dengan PDAM Kota Surabaya, USAID IUWASH PLUS, dan masyarakat untuk membuat air mudah diakses dan terjangkau. “Saya harap Master Meter akan membantu menyelesaikan masalah akses air,” ujar Imam tentang harapannya terhadap Master Meter.

Setelah mengikuti dialog, pimpinan Pundi Amal SCTV, PDAM Kota Surabaya, dan USAID IUWASH PLUS, serta Lurah Pegirian, dan Koordinator KSM melihat Master Meter dan menyaksikan proses penggalian pipa Master Meter. Di akhir acara, mereka menandatangani plakat pembangunan Master Meter untuk menandai dimulainya pembangunan Master Meter di Kampung Wonosari.

Direktur Pundi Amal SCTV, Imam Sudjarwo, menjelaskan kepada wartawan tentang kerjasama Pundi Amal SCTV, PDAM Kota Surabaya, USAID IUWASH PLUS, dan YISI dalam pembangunan Master Meter di Kampung Wonosari.

Available in enEnglish (English)

Mitra