English Indonesia
Jumat, 24 Agustus 2018

Kunjungan Tim Teknis Ke Deli Serang, Sumatra Utara

Kunjungan Tim Teknis Ke Deli Serang, Sumatra Utara

USAID IUWASH PLUS memfasilitasi Tim Teknis melakukan kunjungan monitoring dan evaluasi ke Kabupaten Deli Serdang, Sumatra Utara, 13 Agustus 2018. Peserta kegiatan monitoring dan evaluasi ini adalah Tim Teknis yang beranggotakan perwakilan dari Bappenas, Kementerian Kesehatan, Badan Peningkatan Penyelenggaraan Sistem Penyedia Air Minum (BPPSPAM), dan perwakilan USAID, PDAM Tirta Deli, Bappeda Kabupaten Deli Serdang, dan Unit Kerja Penyehatan Lingkungan Permukiman (PLP) Provinsi Sumatra Utara.

Kunjungan monitoring dan evaluasi tersebut bertujuan untuk melihat kemajuan pelaksanaan program USAID IUWASH PLUS dan mendapatkan masukan dari mitra program di kabupaten Deli Serdang.

Kegiatan kunjungan ini terdiri dari kunjungan ke rumah salah satu pelanggan PDAM untuk melihat kondisi sambungan air minum dan berbincang dengan pelanggan tersebut tentang pengalamannya menggunakan sambungan PDAM, dan pertemuan di Aula Bappeda Kabupaten Deli Serdang. Pertemuan tersebut dibuka dengan presentasi dari Bappenas, USAID dan Bappeda, dan diakhiri dengan diskusi terbuka tentang isu air dan sanitasi.

Diskusi tersebut menghasilkan masukan dari mitra, antara lain dukungan lebih lanjut dari USAID IUWASH PLUS untuk menguatkan institusi dan membantu meningkatkan akses air dan sanitasi dalam bentuk sosialisasi, peraturan, advokasi, dan dukungan teknis terkait lainnya; harapan keberlanjutan pengembangan Instalasi Pengolahan Air (IPA) Percut untuk meningkatkan kapasitasnya dari 20 liter per detik menjadi 100 liter per detik; perlu ada program pembiayaan mikro untuk meningkatkan jumlah pelanggan air minum dan sanitasi; dan pentingnya peran pemerintah pusat untuk mewujudkan Instalasi Pengolahan Lumpur Tinja Tungkusan untuk program Layanan Lumpur Tinja Terjadwal (LLTT).

Direktur PDAM Tirta Deli, Batara I Nasution, sangat senang dengan bantuan teknis yang diberikan USAID IUWASH PLUS. “Terima kasih USAID IUWASH PLUS yang telah membantu meningkatkan kapasitas kami”, ujar Batara.

Aisyah, staf Bappenas (ujung kanan bawah) bersama tim USAID IUWASH PLUS berbincang dengan Tjeng Gwan (atas, tengah) salah satu pelanggan PDAM Tirta Deli tentang pengalamannya menggunakan sambungan air minum PDAM.

 

Available in enEnglish (English)

Mitra