English Indonesia
Senin, 23 Juli 2018

Pengembangan SIG untuk PDAM: Berbagi Pengalaman di Indonesia Water Forum 2018

Pengembangan SIG untuk PDAM: Berbagi Pengalaman di Indonesia Water Forum 2018

Persatuan Perusahaan Air Minum Seluruh Indonesia (PERPAMSI) menyelenggarakan Indonesia Water Forum (Forum Air Indonesia) 2018 di Batam, tanggal 9-11 Juli 2018. Acara ini bertujuan membuat beberapa forum terkait PDAM untuk meningkatkan layanan dan membangun kerja sama antara PDAM dan mitra untuk saling mendukung dalam peningkatan layanan. USAID IUWASH PLUS mengikui kegiatan ini dan berbagi pengalaman tentang penggunaan teknologi SIG (Sistem Informasi Geografis) bagi PDAM pada sesi Forum Pengembangan SIG, tanggal 10 Juli 2018.

USAID IUWASH PLUS berbagi hasil pembelajaran dan pengalaman ketika membantu PDAM membuat data spasial dan penggunaan teknologi SIG untuk meningkatkan layanan. Tiga PDAM dari Kota Probolinggo, Kota Banjarmasin, dan Kabupaten Tabalong, serta penyedia air minum swasta (PT Adhya Tirta Batam/ATB) juga mendapat kesempatan untuk berbagi pengalaman tentang teknologi dan perkembangan SIG saat ini.

Sebagai tindak lanjut sesi ini, PERPAMSI akan membuat Forum Pengembangan SIG untuk PDAM dan membuat panduan praktis tentang bagaimana memulai penggunaan teknologi SIG bagi PDAM. Forum ini diharapkan dapat menjadi wadah untuk berbagi pengetahuan tentang SIG bagi para praktisi dan PDAM. Dalam forum ini, USAID IUWASH PLUS akan menjadi tenaga ahli pendukung dan menyediakan akses ke blog Diskusi SIG untuk mendokumentasikan dan mempublikasikan materi yang dihasilkan oleh Forum Pengembangan SIG.

Setelah mengikuti sesi Forum Pengembangan SIG, Kepala Bagian Teknis PDAM Kabupaten Lumajang, Kamil, mengakui bahwa sesi ini sangat bermanfaat. “Kegiatan ini bagus untuk mendorong PDAM untuk mengembangkan dan menggunakan teknologi SIG, “ujarnya.

Indonesia Water Forum 2018 dihadiri oleh perwakilan beberapa PDAM, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Badan Peningkatan Penyelenggaraan Sistem Penyediaan Air Minum (BPPSPAM), dan sektor swasta. Sekitar 53 peserta dari PERPAMSI, PDAM, PT. ATB, dan penyedia piranti lunak SIG hadir dalam Forum Pengembangan SIG.

Persatuan Perusahaan Air Minum Seluruh Indonesia (PERPAMSI) menyelenggarakan Indonesia Water Forum (Forum Air Indonesia) 2018 di Batam, tanggal 9-11 Juli 2018. Acara ini bertujuan membuat beberapa forum terkait PDAM untuk meningkatkan layanan dan membangun kerja sama antara PDAM dan mitra untuk saling mendukung dalam peningkatan layanan. USAID IUWASH PLUS mengikui kegiatan ini dan berbagi pengalaman tentang penggunaan teknologi SIG (Sistem Informasi Geografis) bagi PDAM pada sesi Forum Pengembangan SIG, tanggal 10 Juli 2018. USAID IUWASH PLUS berbagi hasil pembelajaran dan pengalaman ketika membantu PDAM membuat data spasial dan penggunaan teknologi SIG untuk meningkatkan layanan. Tiga PDAM dari Kota Probolinggo, Kota Banjarmasin, dan Kabupaten Tabalong, serta penyedia air minum swasta (PT Adhya Tirta Batam/ATB) juga mendapat kesempatan untuk berbagi pengalaman tentang teknologi dan perkembangan SIG saat ini. Sebagai tindak lanjut sesi ini, PERPAMSI akan membuat Forum Pengembangan SIG untuk PDAM dan membuat panduan praktis tentang bagaimana memulai penggunaan teknologi SIG bagi PDAM. Forum ini diharapkan dapat menjadi wadah untuk berbagi pengetahuan tentang SIG bagi para praktisi dan PDAM. Dalam forum ini, USAID IUWASH PLUS akan menjadi tenaga ahli pendukung dan menyediakan akses ke blog Diskusi SIG untuk mendokumentasikan dan mempublikasikan materi yang dihasilkan oleh Forum Pengembangan SIG. Setelah mengikuti sesi Forum Pengembangan SIG, Kepala Bagian Teknis PDAM Kabupaten Lumajang, Kamil, mengakui bahwa sesi ini sangat bermanfaat. “Kegiatan ini bagus untuk mendorong PDAM untuk mengembangkan dan menggunakan teknologi SIG, “ujarnya. Indonesia Water Forum 2018 dihadiri oleh perwakilan beberapa PDAM, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Badan Peningkatan Penyelenggaraan Sistem Penyediaan Air Minum (BPPSPAM), dan sektor swasta. Sekitar 53 peserta dari PERPAMSI, PDAM, PT. ATB, dan penyedia piranti lunak SIG hadir dalam Forum Pengembangan SIG.

Available in enEnglish (English)

Mitra