English Indonesia
Rabu, 4 Juli 2018

Kunjungan USAID Ke Desa Serdang Kulon di Tangerang

Kunjungan USAID Ke Desa Serdang Kulon di Tangerang

Tanggal 26 Juni 2018, delegasi USAID yang dipimpin oleh Elizabeth Chambers-Kantor Manajemen Keuangan/Pengendali (OFM/Controller), dan tim USAID IUWASH PLUS melakukan kunjungan sehari ke Desa Serdang Kulon di Tangerang untuk mendapatkan gambaran lebih dekat tentang kolaborasi USAID IUWASH PLUS dengan program sanitasi Kabupaten Tangerang yang dilakukan melalui program SERASI (Seribu Sarana Sanitasi), serta untuk mendapatkan masukan dari lapangan untuk perkembangan program. Kunjungan ini mendapat sambutan hangat dari mitra setempat, seperti Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, BAPPEDA, Camat Panongan, tokoh masyarakat, dan warga masyarakat.

Dalam upacara pembukaan, Kepala Desa Serdan Kulon, Sukarna, menjelaskan tentang perbaikan fasilitas sanitasi oleh Dinas Kesehatan melalui bantuan dari USAID IUWASH PLUS dan SERASI. Contoh perbaikan tersebut adalah pembangunan 1.000 toilet bagi masyarakat berpenghasilan rendah melalui program SERASI dan pembangunan tangki septik untuk 28 rumah di RT 13, RW 6 oleh wirausaha sanitasi yang dilatih oleh USAID IUWASH PLUS.

“Dulu Desa Serdang Kulon kotor, BABS banyak dilakukan oleh masyarakat. Sekarang, situasinya berbeda. Masyarakat sudah mempunyai sarana sanitasi pribadi yang dibangun secara swadaya, arisan, kredit, atau dibangun oleh pemerintah,” Sukarna menjelaskan perubahan positif di Desa Serdang Kulon.

Setelah upacara pembukaan, delegasi USAID mengunjungi sarana sanitasi yang telah diperbaiki, serta bertemu dengan beberapa penerima manfaat dan berdiskusi dengan mereka tentang program sanitasi. “Saya senang dengan tim sanitasi yang telah membantu saya membangun tangki septik. Saya pernah punya tangki septik tapi rusak. Saya juga ajarkan anak saya untuk menggunakan toilet,” ujar Siti Rohanah, salah satu penerima manfaat.

Sebelum mengakhiri kunjungannya, delegasi USAID berdiskusi dengan perwakilan Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang dan Wirausaha Sanitasi tentang program dan rencana mereka mendatang.
Setelah kunjungan ini, USAID IUWASH PLUS akan melanjutkan kerjanya untuk membantu lebih banyak anggota masyarakat mendapatkan akses terhadap sanitasi aman di desa ini.

Elisabeth Chamber (kanan) dan Trigeany Linggoatmodjo (kiri) dari USAID berdiskusi tentang manfaat program sanitasi dengan Siti Rohanah, salah satu penerima manfaat program sanitasi.

Available in enEnglish (English)

Mitra