English Indonesia
Senin, 7 Mei 2018

Sosialisasi Program Hibah Tangki Septik Individual di Medan

Sosialisasi Program Hibah Tangki Septik Individual di Medan

Pemerintah kota Medan, melalui Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Penataan Ruang (PKP2R), berencana membangun 1.100 tangki septik individual melalui program hibah sanitasi tahun 2018. Dana untuk membangun tangki septik ini berasal dari pemerintah pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan APBD Kota Medan tahun 2018.

Program hibah tangki septik ini menargetkan masyarakat di empat kecamatan sebagai penerima manfaat. Pembangunan sekitar 700 tangki septik di Kecamatan Medan Timur, Medan Denai, dan Medan Tembung akan menggunakan dana dari Kementerian PUPR, sedangkan pembangunan 400 tangki septik di kecamatan Medan Johor akan menggunakan APBD Kota Medan tahun 2018.

Pemerintah kota Medan bekerja sama dengan USAID IUWASH PLUS untuk mendukung program ini. Kolaborasi ini mencakup pembentukan tim sosialisasi dan pelatihan tentang survei untuk tim tersebut, pelaksanaan sosialisasi program hibah tangki septik individual, dan survei penerima manfaat program hibah tersebut.

Tujuan dari kegiatan sosialisasi ini adalah untuk memperkenalkan spesifikasi teknis tangki septik individual yang benar, memperkenalkan program hibah sanitasi (tangki septik individual) Pemerintah Kota Medan tahun anggaran 2018, juga untuk memperkenalkan program Layanan Lumpur Tinja Terjadwal (LLTT) Kota Medan. Kegiatan tersebut melibatkan pejabat Kantor PKP2R, Dinas Kesehatan, pejabat kecamatan dan kelurahan, pemimpin agama, tokoh masyarakat setempat, dan calon penerima manfaat. Dari kegiatan ini, diharapkan bahwa selain menerima hibah tangki septik, masyarakat juga mengetahui spesifikasi tangki septik yang benar dan dapat merawat tangki septik, serta menjadi pelanggan LLTT Kota Medan.

Tim sosialisasi yang terdiri dari perwakilan USAID IUWASH PLUS dan pemerintah kota Medan menyelesaikan kegiatan sosialisasi dan survei di keempat kecamatan pada bulan April 2018. Survei ini menghasilkan jumlah penerima manfaat yang berhak menerima hibah yaitu 1.135 penerima manfaat, yang terdiri dari dari 400 penerima manfaat di Kecamatan Medan Johor dan 735 penerima manfaat dari tiga kecamatan lainnya. Sebagai tindak lanjut hasil survei, Kantor PKP2R akan mulai membangun tangki septik individual pada bulan Juli 2018.

Available in enEnglish (English)

Mitra