English Indonesia
Senin, 16 April 2018

Pengumpulan Data Tingkat Rumah Tangga untuk Kondisi WASH di Wilayah WJDT

Pengumpulan Data Tingkat Rumah Tangga untuk Kondisi WASH di Wilayah WJDT

Sebagai bagian dari kegiatan monitoring dan evaluasi, USAID IUWASH PLUS melakukan kegiatan pemantauan partisipatif untuk mendokumentasikan proses perubahan perilaku. Melalui kegiatan tersebut, USAID IUWASH PLUS berharap untuk mendapatkan data lengkap mengenai kondisi air, sanitasi, dan higiene (WASH), serta profil akses di daerah sasaran, mendorong perubahan perilaku WASH di masyarakat, dan mendorong hubungan antara pemerintah dan masyarakat, serta  keterlibatan warga (citizen involvement mechanism – CEM).

Untuk mendukung kegiatan ini, diperlukan data dasar sebagai referensi untuk memantau kemajuan dalam empat tahun ke depan. Di wilayah Jawa Barat, DKI dan Tangerang (WJDT), USAID IUWASH PLUS telah melakukan pengumpulan data dasar di beberapa lokasi hotspot di enam kota/kabupaten dari Februari–Maret 2018. Dari kegiatan ini, tim WJDT memperoleh data dasar WASH dari 2.894 responden rumah tangga. Responden berasal dari Kabupaten Bogor, Kabupaten Karawang, Kota Bogor, Kota Bekasi, Kota Depok, dan Kabupaten Tangerang.

Kegiatan pengumpulan data awal ini dilakukan di lokasi hotspot dengan beberapa tahapan, antara lain: menentukan batas lokasi hotspot menggunakan sistem GPS dan melatih enumerator tentang cara menggunakan aplikasi mWater (aplikasi survei berbasis Android) untuk memastikan ketepatan koordinat, akses ke sumber air, dan fasilitas sanitasi di daerah sasaran. “Pelatihan tentang cara menggunakan aplikasi mWater untuk survei ini sangat berguna. Tidak hanya untuk USAID IUWASH PLUS, tetapi juga bagi saya, karena ini merupakan pertama kalinya saya menggunakan aplikasi dalam membantu pengumpulan data,” kata Sundari, seorang enumerator di Kota Depok.

Dari survei ini diharapkan semua pemangku kepentingan di masing-masing lokasi hotspot mengenali kondisi akses air dan sanitasi di daerah mereka. Kegiatan ini juga akan dilakukan di semua kota/kabupaten di wilayah dampingan USAID IUWASH PLUS.

Available in enEnglish (English)

Mitra