English Indonesia
Senin, 26 Maret 2018

Kolaborasi Tingkatkan Akses Air Minum untuk Kurangi Kawasan Kumuh di Surabaya

Kolaborasi Tingkatkan Akses Air Minum untuk Kurangi Kawasan Kumuh di Surabaya

USAID IUWASH PLUS dan Program KOTAKU mengadakan lokakarya tentang peningkatan akses air minum dan sanitasi untuk mengurangi kawasan kumuh di Kota Surabaya pada 6 Maret 2018. Lokakarya ini bertujuan untuk membangun pemahaman bersama untuk kolaborasi antara USAID IUWASH PLUS dan KOTAKU, memperbarui kemajuan kerja sama WASH, dan mengembangkan kerja sama untuk implementasi sanitasi WASH.

 

Penyerahan Perjanjian Kerja Sama antara Louis O’Brien, Chief of Party USAID IUWASH PLUS dan Listyorini Armaiti dari Satuan Kerja Pengembangan Kawasan Permukiman Jawa Timur.

Dalam lokakarya, Listyorini Armaiti dari Satuan Kerja Pengembangan Kawasan Permukiman Jawa Timur dan Louis O’Brien, Chief of Party USAID IUWASH PLUS, secara resmi menyerahkan Perjanjian Kerja sama yang telah ditandatangani untuk kolaborasi ini.

Lokakarya ini dihadiri oleh 40 peserta dari Bappenas, KOTAKU, PKPBM (Pengembangan Kawasan Permukiman Berbasis Masyarakat) dan PUPR. Dari sesi diskusi, para peserta mencapai kesepakatan mengenai kegiatan pembangunan infrastruktur WASH yang terkait di tujuh kota/kabupaten yang berdampingan dengan program KOTAKU. Kegiatannya, antara lain meliputi pembangunan toilet (jamban, bak air, tangki septik), MCK (fasilitas pemandian umum, mencuci, dan toilet), IPAL setempat dan terpusat, perpipaan, dan sambungan rumah.

Diskusi kelompok untuk menentukan kegiatan pembangunan infrastruktur WASH di Kabupaten Gresik.

Untuk menindak lanjuti lokakarya ini, para peserta sepakat untuk lebih menekankan pada hal terkait komunikasi yang mencakup mengadakan koordinasi setiap 1 bulan, mendirikan Kelompok Belajar Internal Konsultan antara USAID IUWASH PLUS dan KOTAKU, melakukan monitoring dan evaluasi bersama di lokasi kegiatan dan koordinasi dengan kelompok kerja sanitasi dan PKPBM.

Available in enEnglish (English)

Mitra